Rumah / Teras & Taman / 3 Model ‘Sorga’ untuk Dekorasi Taman Rumah Inspiratif

3 Model ‘Sorga’ untuk Dekorasi Taman Rumah Inspiratif

Merencanakan dan merancang dekorasi taman rumah tentunya merupakan hal yang sangat menggembirakan, terutama bagi anda yang memiliki lahan di halaman rumah. Anda pun dapat mewujudkan harapan dan keinginan melalui sebuah sebuah ‘sorga’ bagi anda dan keluarga. Sorga? Bukankah makna sorga adalah taman yang menyejukkan?

Di tengah kehidupan modern yang makin padat dan makin polutif, keberadaan sebuah taman di halaman belakang rumah tentunya akan memberikan oase yang sangat penting. Selain akan memberikan suasana yang lebih asri yang menyejukkan, anda pun dapat mewujudkan sebuah lingkungan yang lebih edukatif untuk bermain anak-anak maupun membuat arena privat yang kondusif dalam membangun komunikasi dengan anggota keluarga lainnya.

Dekorasi Taman Rumah

Untuk mewujudkan taman sorga di halaman rumah, tidak dibutuhkan kemampuan tentang landscaping atau masalah pertamanan. Apalagi saat ini ada banyak referensi yang dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk mewujudkan keinginan anda tersebut. Coba saja anda datang ke Toko Buku Gramedia atau toko buku lainnya, dan mampirkan ke bagian arsitektur atau buku impor. Dengan hanya melihat sekilas saja isi buku tentang taman itu, tanpa perlu membeli, anda akan mendapatkan banyak inspirasi.

Nah, untuk membantu anda dalam menemukan ide dalam merancang bentuk dan dekorasi taman rumah anda, berikut ini beberapa ide yang semoga berguna.

1. Taman Bermain

Jika anda mempunyai anak-anak usia TK atau SD, taman bermain di halaman rumah akan menjadi area yang sangat menyenangkan. Anda bisa menyediakan beberapa alat permainan di halaman rumah, seperti ayunan, papan jungkit, ataupun papan luncur berundak. Anda bisa membuat alat-alat bermain itu dari berbagai jenis bahan, seperti besi, kayu, ataupun dengan membuat sendiri dari campuran semen.

Jika anda mempunyai dana berlebih tak ada salahnya untuk membeli karena banyak yang telah menyediakan jasa semacam ini. Seperti papan luncur, alat permainan ini banyak terdapat di taman-taman bermain (Playgroup) atau Taman Kanak-kanak.

2. Taman Pesta

Taman belakang rumah juga dapat menjadi area yang tepat untuk mengundang sahabat atau kolega untuk makan bersama. Untuk itu anda dapat merancang taman dengan banyak kursi dan meja, lengkap dengan fasilitas memasak dan pembakaran ikan. Pesta BBQ dengan ikan atau daging bakar akan terasa nikmat jika diadakan di outdoor atau udara terbuka.

Selain untuk menjamu kolega, model taman rumah semacam ini juga berguna sebagai area pesta keluarga yng menyenangkan terutama saat akhir pekan. Inilah rekreasi alternative yang cukup menyenangkan tanpa perlu keluar rumah sehingga anda pun bisa lebih hemat tanpa menghabiskan banyak biaya.

3. Taman Bunga

Bentuk lanscape lainnya yang cukup indah untuk diwujudkan adalah taman bunga. Ada banyak tanaman dengan brbagai bunga yang berwarna-warni nan indah untuk membuat halaman rumah anda terasa lebih segar dan penuh warna.

Dekorasi Taman Rumah

Untuk dekorasi taman rumah pada model ini anda bisa memadukan komposisi tanaman-tanaman bunga dengan bentuk kolam ikan. Bentuk kolam ikkannya pun bisa disesuaikan dengan bentuk dan luasan lahan yang ada. Termasuk dengan menambahkan air mancur di tengahnya ataupun dalam bentuk susunan batuan atau campuran semen berundak dengan air mengalir dari bagian puncaknya.

Demikianlah beberapa ide bentuk dan dekorasi taman rumah untuk mewujudkan harapan anda terhadap lingkungan rumah yang menyenangkan. Dalam merencanakan taman di halaman rumah, anda pun perlu memperhatikan beberapa hal agar hasilnya lebih optimal, termasuk menyangkut komposisi maupun variasi taman maupun perabot yang diletakkan di dalamnya.

Begitu juga dengan jenis tanaman ataupun unsur lain di dalam taman sebaiknya dibuat lebih variatif agar tidak terlihat monoton. Apalagi jika lahan halaman umah anda dibuat rata, maka anda juga perlu membuat beberapa bentuk undukan lahan agar lebih menarik. Dengan komposisi dan bentuk taman yang variatif tentunya akan membuat dekorasi taman rumah anda akan terlihat lebih menyenangkan.

Gambar:pixabay-google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...