Rumah / Tips & Saran / 3 Tips Memilih Karpet untuk Rumah Mungil

3 Tips Memilih Karpet untuk Rumah Mungil

Tahukah anda bagaimana tips memilih karpet untuk rumah mungil atau minimalis? Rumah mungil ataupun rumh minimalis umumnya memiliki luasan ruangan yang tidak terlau besar. Namanya juga rumah minimalis atau mungil tentu saja rumah ataupun kamar yang ada juga mungil alias minimalis. Karena tulah banyak orang beranggapan bahwa karpet tak terlalu penting untuk rumah kecil semacam itu. Benarkah demkian?

Karpet merupakan alas lantai yang umumnya dibuat dari serat sintetis. Sebenarnya ada banyak fungsi atau manfaat menggunakan karpet untuk rumah kita. Diantaranya untuk menutup alas lantai yang tidak atau kurang bagus sehingga terlihat lebih bagus. Dengan karpet lantai tegel yang kusam akan dapat dimanipulasi agar tak terlihat jelek.

Karpet juga dipilih untuk mengatasi dinginnya lantai maupun untuk meningkatkan kenyamanan ruangan di dalam rumah. Dengan adanya karpet, maka udara atau suasana di dalam rumah menjadi lebih sejuk, tidak terlalu panas ataupun terlalu berisik akibat pantulan cahaya atau suara akan diredam oleh bahan dari karpet tersebut.

Tips Memilih Karpet

Selain berbagai fungsi dan manfaat tersebut, karpet juga bagian dari interior yang dapat dimanfaatkan untuk memperkuat tema interior ruangan yang sedang dibangun. Jika rumah mungil atau minimalis yang anda miliki didominasi warna cerah, maka karpet akan mampu mengimbangi tema ruangan yang ada tersebut. Karena itulah tips memilih karpet yang baik di bawah ini diperlukan untuk menyempurnakan kekurangan yang dirasakan di dalam rumah.

  1. Pilih motif karpet sesuai dengan tema interior ruangan yang anda bangun. Pilih motif dan warna karpet yang kontras dengan dominasi warna cat tembok atau perabot yang ada. Karpet yang berwarna gelap atau soft akan memberikan kesan yang dinamis jika ruangan anda berwarna cerah, seperti putih atau krem. Kekontrasan ini akan memberikan keseimbangan suasana di dalam ruangan.
  2. Pilih jenis karpet sesuai kebutuhan ruangan. Karpet permadani atau yang tebuat dari bahan wool atau katun lebih sesuai untuk ruang tamu atau kamar tidur karena lebih eksklusif dan halus. Sedangkan karpet bahan nilon atau larpet meteran akan lebih cocok untuk ruang yang sering digunakan seperti ruang keluarga.
  3. Sesuaikan ukuran karpet dengan luasan ruangan rumah ataupun fungsinya. Anda bisa memilih karpet untuk alas lantai yang memenuhi seluruh luasan ruang yang ada atau karpet untuk alas meja.

Demikian sedikit tips memilih karpet yang semoga memberikan inspirasi buat anda untuk meningkatkan keindahan dan kenyamanan rumah mungil anda.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...