Rumah / Dekorasi / 4 Inspirasi Ide Dekorasi Ruang Tamu yang Menarik

4 Inspirasi Ide Dekorasi Ruang Tamu yang Menarik

Tak sedikit orang yang merasa bingung dalam mencari inspirasi ide dekorasi ruang tamu untuk rumah mereka. Apalagi ruang tamu merupakan area publik dimana pemilik rumah bisa menerima tamu tanpa mengganggu suasana privat di ruang lainnya di dalam rumah.

Ruang tamu juga memiliki banyak fungsi yang sangat penting. Selain untuk menerima tamu, saudara, atau teman, ruangan ini juga mencerminkan karakteristik pemilik rumah terhadap orang lain yang datang ke rumah. Hanya dengan melihat ruang tamunya saja, seorang tamu akan bisa memahami bagai pemilik rumah akan memperlakukan mereka.

Ide Dekorasi Ruang Tamu

Nah, berikut ini beberapa inspirasi ide dekorasi ruang tamu yang semoga berguna buat anda dalam menjadikan ruang tamu yang lebih menarik.

  1. Dalam merencanakan atau melakukan dekorasi ruang tamu, semua perabot ataupun unsure di dalam ruangan tersebut adalah bagian penting yang perlu disesuaikan dengan tema interior yang hendak dibangun. Baik menyangkut warna cat dinding, jenis dan model furniture, lukisan atau hiasan dinding, maupun jenis dan warna lampunya.
  2. Sesuaikan kebutuhan ruangan anda dengan anggaran yang ada. Mendekorasi sebuah ruangan, terutama ruang tamu tidak perlu dengan mengumbar uang hanya untuk memperlihatkan bahwa anda orang yang berkecukupan. Ruang tamu justru lebih penting untuk memberikan suasana yang nyaman dan rileks sehingga tamu pun akan merasa senang dan betah.
  3. Untuk memperkuat tema ruangan, anda dapat memberikan tambahan hiasan dinding dengan gambar atau ukuran yang setara dengan luasan dinding yang ada. Selain itu anda juga bisa meletakkan perabot tambahan, seperti guci atau lampu lantai (floor lamp) dengan bentuk, warna, ataupun ukuran yang sesuai.
  4. Atur penerangan ruangan sesuai tema interior maupun dekorasi ruang tamu anda. Faktor pencahayaan juga berperan pentig dalam memperkuat kesan yang timbul dari sauna di dalam ruangan. Hindari penggunaan lampu neon dengan bias cahaya yang mengarah ke semua ruangan karena justru menurunkan kekuatan dekorasi ruang tamu. Sebaliknya, gunakan lampu spot light atau lampu hias dengan cahaya yang diarahkan pada beberapa perabot yang memang ingin ditonjolkan.

Demikianlah inspirasi ide dekorasi ruang tamu yang ala kadarnya namun semoga berguna untuk anda dalam memperindah kenyamanan di dalam rumah.

Sumber gambar: flickr

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...