Rumah / Tips & Saran / 4 Tips Simple Memilih Atap Rumah Modern

4 Tips Simple Memilih Atap Rumah Modern

Memilih atap rumah yang tepat bukanlah hal yang mudah, apalagi jika dana atau anggaran anda terbatas. Atap memiliki fungsi yang penting untuk mendukung suasana kenyamanan di dalam rumah. Ataptidak saja berfungsi sebagai pelindung terhadap terik sinar matahari atau hujan, melainkan juga sangat menunjang kenyamanan rumah tinggal sebagai sebuah hunian yang menyenangkan.

Ada banyak jenis atap yang saat ini ditawarkan para produsen. Dari jenis asbes, genteng tanah liat, genteng metal, genteng dari serat fiber, ataupun genteng kaca. Untuk rumah bertingkat, juga tersedia atap jenis dak beton yang sekaligus berguna untuk menopang kekuatan bangunan. Memilih atap rumah yang tepat akan membuat anda tidak akan menyesal seumur hidup.

memilih atap rumah

Nah, untuk sekedar memberikan masukan untuk anda yang sedang membangun rumah baru, berikut beberapa tips simple dalam memilih atap rumah yang mungkin berguna untuk anda.

  1. Sesuaikan jenis atap rumah dengan desain rumah secara keseluruhan agar rumah terlihat menarik. Jika rumah anda bergaya modern, anda mungkin bisa memilih jenis genteng metal atau atap dari serat fiber yang cukup kuat.
  2. Dalam memilih atap rumah juga perlu mempertimbangkan dana atau anggaran yang tersedia. Genteng tanah liat relatif lebih murah ketimbang genteng metal. Meskipun anggaran terbatas, sebaiknya hindari pemilihan atap jenis asbes karena kurang baik untuk kesehatan dalam jangka panjang. Kalaupun anda terpaksa harus menggunakan asbes, sebaiknya lapisi atap tersebut dengan plafon yang berfungsi untuk menghalangi rontokan atau debu asbes turun dan terhirup penghuni rumah.
  3. Pemilihan terhadap jenis atap rumah juga perlu disesuaikan dengan lingkungan dimana anda tinggal, terutama menyangkut cuacanya. Pemilihan atap seng mungkin kurang tepat jika anda tinggal di Bogor atau kawasan dengan curah hujan tinggi karena suaranya yang akan memekakkan telinga.
  4. Struktur rumah juga perlu menjadi pertimbangan dalam menentukan jenis atap rumah. Jenis, ukuran, maupun berat atap rumah harus disesuaikan dengan instalasi atap agar mudah dalam pemasangan maupun perawatannya. Anda juga perlu mempertimbangkan tingkat kesulitan jika ada satu atau beberapa genteng yang rusak di kemudian hari dimana anda sendiri yang mesti memperbaikinya.

Demikianlah sedikit informasi tentang atap rumah yang mesti diperhatikan agar kita tidak dibuat repot untuk perawatannya di kemudian hari. Alternatif dalam memilih atap rumah sebaiknya dilakukan saat merencanakan untuk membangun rumah agar sesuai dengan desain rumah secara keseluruhan.

Sumber gambar: images google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...