Rumah / Tips & Saran / 5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan anda tergerus tanpa sadar? Rehab atau renovasi rumah perlu dilakukan baik untuk memperbaiki bagian yang mulai keropos maupun untuk menambah ruangan baru. Bahkan tak jarang pula orang yang baru membeli rumah perlu melakukan renovasi untuk mengubah bagian tertentu dan menjadikannya lebih luas dan kuat.

Renovasi merupakan kegiatan yang mesti dilakukan sebagai bagian dari perawatan rumah secara menyeluruh. Aplagi rumah merupakan tempat tinggal dimana sebuah keluarga dalam membina keluarga dan mendidik anak-anaknya dalam lingkungan yang kondusif. Kesehatan dan kenyamanan di dalam rumah akan sangat menentukan kesehatan karakter dan hubungan antar anggota keluarga.

Cara Renovasi Rumah Murah

Namun sayangnya, tak sedikit orang yang kerap mengalami kekecewaan setelah melakukan rehab. Ada yang kecewa terhadap hasilnya yang tak sesuai dengan yang diinginkan ataupun keuangan keluarga yang terkuras diluar perkiraan. Nah, jika anda ingin tahu cara renovasi rumah murah, berikut beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan dengan baik.

1. Rencanakan dengan Baik dan Detail

Sebagai pemilik rumah anda perlu mengetahui detail bagian rumah yang ingin direnovasi. Apakah anda ingin membongkar garasi mobil untuk diubah dan dijadikan kamar tidur tamu, ataukah anda ingin memanfaat halaman belakang untuk dibuat ruang keluarga? Meskipun kita awam dengan teknik gambar bangunan, tak ada salahnya jika anda membuat sekedar goresan kasar agar rencana anda tertuang secara detail.

2. Siapkan Dana yang Cukup

Biaya yang mesti dikeluarkan untuk renovasi rumah umumnya tidaklah kecil. Karena itu siapkan dana yang cukup dengan memperkirakan biaya yang mesti anda keluarkan untuk rehab. Ada baiknya anda melakukan survey kecil ke toko bangunan tentang harga material untuk memperkiraan biaya rehab. Jika anda memiliki langganan toko material tak ada salahnya mengungkapkan rencana anda untuk rehab rumah dengan meminta harga khusus.

3. Pilih Tukang Bangunan dan bukan Pemborong

Ada banyak pemborong bangunan yang menyediakan layanan renovasi rumah. Jika anda ingin menghemat lebih baik hindari pengguna jasa pemborong karena umumnya akan menerapkan fee yang tidak kecil. Akan lebih murah jika anda mencari tenaga tukang yang telah berpengalaman di sekitar rumah anda. Anda juga bisa bertanya kepada saudara atau teman kantor yang memiliki kenalan tukang.

4. Pilih Sistim Harian dan Hindari Sistem Borongan

Jika dana anda mencukupi dan anda ingin pekerjaan renovasi selesai dengan cepat, sistem borongan merupakan cara terbaik. Namun cara ini umumnya justru membuat biaya rehab membengkak. Sebaliknya, cara renovasi rumah murah bisa dilakukan dengan sistim harian dimana anda dapat membayar tenaga tukang seminggu sekali. Cara ini juga akan membuat anda memiliki waktu untuk mengelola dan mengatur keuangan keluarga anda secara lebih fleksibel. Namun sistim harian harus dilakukan dengan pengawasan yang baik karena para tukang umumnya sering mengulur-ulur waktu.

Renovasi Rumah Murah

5. Lakukan Sendiri Belanja Material

Untuk menghemat biaya revovasi rumah, belanja material bangunan yang dibutuhkan sebaiknya anda lakukan sendiri. Apalagi jika anda telah memiliki toko material langganan yang bisa memberikan potongan harga untuk pembelian banyak. Kalau pun anda tidak memiliki langganan, anda bisa melakukan survei ke setidaknya 2 hingga 4 tempat toko bangunan untuk mendapatkan harga termurah. Apalagi untuk mengantarkan material yang dibeli dalam jumlah banyak biasanya toko material bangunan akan menyediakan layanan angkutan secara gratis. Cara renovasi rumah murah dengan melakukan belanja sendiri tidak akan membuat bujet atau anggaran yang telah anda siapkan membengkak.

Gambar ilustrasi : flickr – pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Prospek Bisnis Properti 2015

Prospek Bisnis Properti 2015 : Menuju Klimaks!

Tahun 2014 tinggal sebulan, lantas bagaimanakah prospek bisnis properti 2015 yang akan ...