Rumah / Desain Rumah / Desain Modern / 6 Kiat Membuat Atap Rumah Roof Garden yang Asri

6 Kiat Membuat Atap Rumah Roof Garden yang Asri

Model atap rumah roof garden saat ini tengah naik daun dan banyak dicari masyarakat diperkotaan. Padahal model rumah semacam ini sudah dikenal sejak jaman Babilonia di era Mesir Kuno ribuan tahun yang lalu. Meskipun demikian tak banyak modifikasi yang terlihat pada bentuk taman atap rumah yang terlihat sekarang ini.

Desain rumah dengan roof garden memang lebih sesuai dengan lingkungan perkotaan dimana ruang terbuka hijau semakin terkikis. Apalagi dengan mahalnya harga tanah di perkotaan saat ini sehingga bukanlah hal yang murah dan mudah untuk membuat taman di halaman rumah.

rumah roof garden

Model taman di atas atap rumah ini sekaligus juga merupakan alternative dalam menciptakan rumah yang lebih adem terutama untuk menangkal panasnya matahari. Sehingga rumah pun akan terasa lebih nyaman dengan lingkungan yang lebih teduh dan lebih asri.

Meskipun demikian, bukanlah hal yang mudah membuat atap rumah roof garden. Anda tidak mungkin membuat tanaman di atas atap rumah jika atap rumah anda menggunakan model genteng dengan konstruksi reng kayu seperti kebanyakan rumah lainnya. Untuk membuat roof garden, konstruksi atap rumah anda harus menggunakan dak beton yang kuat.

Di beberapa kota besar di berbagai belahan dunia, ada banyak apartemen yang menyediakan atapnya untuk bertanam. Tak sedikit juga hotel atau gedung pencakar langit yang membuat roof garden sebagai langkah untuk memberikan lingkungan yang lebih hijau.

Langkah Merencanakan Atap Rumah Roof Garden

Na, jika anda tertarik untuk membuat atap rumah roof garden, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan agar memberikan hasil yang optimal sesuai keinginan anda.

1. Model roof garden lebih cocok dan sesuai diterapkan di atas atap yang terbuat dari dak beton. Namun pembuatan dak beton untuk rumah 1 lantai rasanya terlalu mahal kalau hanya untuk mengejar keinginan anda membuat taman di atasnya. Karena itu akan lebih efeisien dan lebih murah jika anda juga menjadikan rumahnya dengan konstruksi minimal 2 lantai, dan dengan menggunakan model dak keraton.

2. Desain roof garden harus direncanakan sejak awal dengan memperhitungkan konstruksi rumah dengan menambahkan beban atau bobot taman di atasnya. Taman atap juga bisa diterapkan di seluruh areal atap maupun sebagian saja. Karena itu perencanaan dari awal akan menentukan bentuk roof garden yang anda inginkan.

desain rumah roof garden

3. Beberapa tantangan model roof garden di atap rumah adalah angin yang cukup kencang dan hujan. Karena itu sebaiknya anda memiliih atau menggabungkan beberapa jenis tanaman merambat yang tidak terlalu tinggi. Untuk dasarnya anda bisa bisa buat dengan rumput, sedangkan tanamannya pilih yang jenis tanaman bunga untuk menghasilkan suasana yang indah dan menarik dengan warna-warni bunga.

4. Setelah anda memiliki rancangannya, selanjutnya buat areal tanaman dengan membuat batas pada tepinya yang membentuk semacam bak untuk menampung tanaman yang anda inginkan. Anda juga bisa membuat batas tepi areal tanaman ini dengan pintu besi sebagai pengaman.

5. Untuk mencegah akar tanaman maupun air siraman menembus dak atap rumah, maka anda harus melapisinya dengan bahan yang cukup kuat. Di sini anda bisa menggunakan water proof atau bahan plastik yang mengelilingi dasar bak tanaman anda.

6. Selain itu anda juga perlu memikirkan kebutuhan air, baik untuk menyiram tanaman maupun buangan air kotor dari tanaman. Agar anda mudah memperoleh air untuk menyiram tanaman anda bisa membuat instalasi pipa air ke atap rumah. Sedangkan untuk memudahkan buangan air dari atap, hubungkan saja sisi bak tanaman dengan pipa talang air.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat atap rumah roof garden agar memberikan lingkungan yang lebih sejuk dan penampilan yang lebih unik dan lebih indah, dan semoga berguna untuk anda.

Gambar ilustrasi : flickr

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...