Rumah / Tips & Saran / 6 Kiat Merancang Desain Ruang Kerja Dirumah

6 Kiat Merancang Desain Ruang Kerja Dirumah

Akhir-akhir ini banyak orang mencari model desain ruang kerja dirumah yang nyaman agar menyenangkan dan produktif dalam menghasilkan karya. Kerja di rumah tak lagi dilakukan para ibu umah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan, namun tak sedikit pria yang juga memilih kerja di rumah. Banyak alasan yang membuat kerja di rumah menjadi pilihan yang semakin diminati.

Bekerja di rumah secara substansial sebenarna tak ubahnya dengan menjalankan bisnis dari rumah. Membuka toko kelontong, membuka warung makan, bisnis cemilan, menjalankan usaha laundry, hingga bisnis katering adalah beberapa jenis bisnis yang banyak dijalankan dari rumah.

Begitu juga jasa konsultan, penulis, hingga psikolog tak sedikit yang dilakukan dengan membuat kantor di rumah. Apalagi saat ini dunia internet juga menawarkan ribuan jenis pekerjaan ataupun bisnis online yang bisa dilakukan di rumah maupun dimana saja ada sambungan internet.

Desain Ruang Kerja di Rumah

Ada banyak keuntungan dengan menjadikan rumah sebagai kantor dan tempat kerja. Selain tidak mengeluarkan uang untuk biaya sewa dan terhindar dari kemacetan lalu lintas, bekerja dari rumah juga lebih fleksibel dan bisa diatur dengan lebih murah. Frekuensi pertemuan dengan anak-anak pun lebih banyak dan tanpa terhalang ruang dan waktu.

Desain Ruang Kerja di Rumah

Persoalannya, selain berbagai keunggulan tersebut ternyata tidak sedikit pula kelemahan bekerja dari rumah. Diantaranya, konsentrasi kerja bisa terganggu oleh ulah dan tangisan anak, membutuhkan tingkat disiplin yang lebih tinggi, dan tentunya benturan dengan kepentingan penghuni rumah terutama jika ada anggota keluarga yang turut tinggal di dalamnya.

Ruang Kerja di Rumah

Nah, berikut ini beberapa tips dalam merencanakan dan merancang desain ruang kerja dirumah yang semoga memberikan inspirasi untuk anda.

  1. Buat dan sediakan ruang atau kamar terpisah yang memang khusus difungsikan sebagai ruang kerja anda. Hindari menggunakan atau menumpang ruangan yang sudah ada seperti di ruang keluarga atau di ruang tidur. Berbagi fungsi dalam sebuah ruangan sangat tidak efektif dan kontra produktif untuk pekerjaan anda.
  2. Kalau lahan anda cukup sempit dan rumah anda sudah jadi, anda bisa memanfaatkan ruang garasi dan sebagai gantinya anda bisa membuatkan carport untuk mobil anda di luar garasi. Cara lain adalah dengan membangun dak di salah satu sudut rumah untuk dibuatkan ruang kerja di lantai atas.
  3. Rencanakan dan perhitungkan luasan dan desain ruang kerja di rumah anda berdasarkan kebutuhan riil dari jenis pekerjaan anda. Jika anda adalah penulis atau menjalankan bisnis online di rumah, anda tidak membutuhkan ruang yang terlalu luas. Namun jika anda adalah konsultan yang harus berhubungan dengan tamu, maka anda perlu mempertimbangkan luasan sekaligus letak ruangan agar tidak membuat repot tamu atau klien anda yang datang.
  4. Identifikasi kebutuhan perabot dan peralatan untuk ruangan kantor anda tersebut. Sebagian Anda mungkin hanya membutuhkan sebuah meja kursi plus komputer di atas meja. Perabot lain yang dibutuhkan setidaknya adalah buffet atau rak untuk buku atau tempat menyimpan dokumen penting anda. Sedangkan jika anda harus menerima tamu tentu anda juga membutuhkan furniture tamu plus asesorisnya. Jangan lupa untuk memperkirakan ukuran dan bentuk perabot dengan luasan yang ada agar tidak membuat ruangan menjadi sumpek dan sempit.
  5. Rencanakan posisi dan letak perabot yang disesuaikan dengan luasan ruangan serta kebutuhan anda. Untuk rak buku mungkin bisa disandarkan di dinding agar ruangan terasa lebih lapang. Sedangkan untuk tempat penyimpanan dokumen bisa dibuatkan laci di bawah meja komputer.
  6. Rencanakan dekorasi ruang kerja anda sesuai keinginan ataupun selera anda. Namun jika ruangan cukup sempit dan agar ruangan terasa lapang, sebaiknya pilih warna cat terang atau gunakan dinding kaca agar cahaya matahari cukup leluasa untuk masuk. Jika diperlukan untuk membagi ruangan dalam desain ruang kerja dirumah anda, sediakan saja sketsel portabel yang mudah dipindah.

Gambar ilustrasi : flickr

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...