Rumah / Dekorasi / 6 Tips Merancang Desain Akuarium Dekorasi Ruangan

6 Tips Merancang Desain Akuarium Dekorasi Ruangan

Saat ini trend akuarium dekorasi ruangan makin stylis dan mengagumkan. Akuarium tak lagi sekedar tempat memelihara ikan hias dengan wadah ala kadarnya seperti kaca segi empat atau dengan wadah toples. Saat ini akuarium telah berkembang menjadi bagian dari dekorasi rumah yang sangat fungsional.

Jika anda senang dengan hewan laut ini dan ingin membuat suasana di dalam rumah terasa lebih segar dan berbeda, tak ada salahnya untuk menempatkannya dan menjadikan akuarium sebagai bagian penting dari interior rumah. Adanya akuarium di dalam rumah cukup efektif untuk memberikan suasana yang lebih segar dan menarik. Bahkan kabarnya, keberadaan akuarium mampu mengurangi stress setelah kita bekerja seharian di kantor.

akuarium dekorasi

Pemanfaatan akuarium dekorasi ruangan juga makin modern dengan menerapkan pendekatan fungsional. Artinya, keberadaan akuarium tidak hanya sebagai bagian terpisah sekedar tempelan untuk memperindah ruangan namun juga menjadi bagian dari dekorasi ruangan. Diantaranya dengan menjadinya sebagai dinding kaca yang lebih hidup ataupun dibuat sebagai sketsel untuk membedakan atau memberi batas beberapa ruangan yang ada.

Begitu juga untuk penempatannya, akuarium sangat fleksibel dan anda bisa meletakkannya di ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur, ataupun di teras belakang. Penempatan ini tentunya bisa disesuaikan dengan tema ruangan yang ada maupun untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Keberadaan makhluk hidup dalam ruangan akan memberikan efek yang sangat baik untuk meningkatkan suasana alami ruangan menjadi lebih menenangkan.

Membuat Akuarium Dekorasi Ruangan

Lantas bagaimana dan apa saja yang perlu dipersiapkan dalam membuat akuarium untuk mempercantik dekorasi ruangan? Berikut ini beberapa hal yang mungkin perlu anda tahu saat membuat dan merencanakan akuarium dekorasi ruangan?

1. Terlebih dahulu rencanakan bentuk dan ukuran akuarim yang akan dibuat dan dimana akan diletakkan. Anda bisa membuatnya menyatu dengan dinding layaknya lukisan, atau untuk memperkuat kesan ruangan dengan menjadikannya sebagai elemen dekoratif. Untuk keamanan, jauhkan akuarium dari paparan sinar matahari maupun sumber arus listrik.

2. Setelah ukuran dan bentuk akuarium diperoleh anda kemudian bisa memesannya ke toko pembuat akuarium atau ke toko kaca yang umumnya juga melayani pembuatan akuarium. Sedangkan untuk kelengkapan isi akuarium anda perlu ke toko akuarium untuk membeli sejumlah material isinya, seperti batu kerikil atau koral, tumbuhan air, serta jenis ikan hias yang anda inginkan

dekorasi akuarium

3. Sebelum akuarium diisi air, susun elemen materialnya dengan model yang berkontur. Di bagian dasar bisa anda tempatka batu kerikil secara merata, lalu tempatkan batu karang dan tumbuhan air untuk mempercantik penampilannya. Anda juga bisa menggunakan batu kerikil berwarna-warni yang banyak dijual di pasaran. Jika akuarium anda menghadap ke satu sisi, anda bisa menambahkan hiasan grafis pada salah satu dindingnya agar terlihat lebih menarik.

4. Setelah diisi air, akuarium sebaiknya didiamkan beberapa saat sambil ditambahkan bahan penetral air yang juga banyak tersedia di pasaran. Hal ini berguna agar kandungan kimia atau bahan kaporit air menjadi hilang. Akan lebih baik jika menggunakan air suling untuk akuarium anda, atau anda bisa membelinya di toko akuarium. Setelah siap barulah ikan bisa dimasukkan.

5. Untuk menjaga kandungan oksigen dalam air, sebaiknya tempatkan filter di dalam akuarium. Hal ini juga sangat berguna untuk memberikan suara gemericik alami air yang sangat enak dan nyaman didengar.

6. Untuk memperkuat keberadaan akuarium dekorasi ruangan sebaiknya berikan pencahayaan ya tepat. Anda bisa menempatkan lampu khusus untuk akuarium dengan memilih warna yang anda inginkan. Anda bisa menempatkan lampu ini di atasnya sebagai hood, disamping ataupun dibawah akuarium sesuai bentuk dan desain yang anda buat. Pencahayaan yang kuat dan tepat akan membuatnya menjadi akuarium dekorasi ruangan yang indah dan menewan.

Gambar : google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...