Rumah / Desain Rumah / Kayak Apa sih Rumah Eco Green yang Ramah Lingkungan?

Kayak Apa sih Rumah Eco Green yang Ramah Lingkungan?

Belakangan ini desain rumah eco green, eco design, atau rumah ramah lingkungan makin popular. Sebuah hunian tak lagi hanya mengandalkan desain yag menarik atau pun kenyamanan suasana di dalam rumah. Desain minimalis ataupun modern tak lagi menjadi ukuran sepenuhnya sebuah hunian yang nyaman, menyenangkan, sekaligus sehat dan aman.

Makin padatnya pemukiman hunian dan makin polutifnya lingkungan yang ada mendorong sebagian orang untuk mencari model rumah alternative yang berbeda. Sebuah hunian tak lagi sekedar untuk tempat tinggal atau pun untuk investasi, namun yang tak kalah pentingnya adalah membangun hunian yang bisa memberikan kehidupan yang lebih menenangkan.

Tren baru yang tengah meningkat ini tampaknya juga telah ditangkap dengan snagat eli oleh para pengembangan dengan menyediakan perumahan yang diklaim sebagai ramah lingkungan. Tak sedikit developer yang menawarkan konsep eco green dan eco design dalam pemasaran mereka. Istilah kawasan hijau, pemukiman taman kota, atau hunian alami sering dijadikan kata kunci untuk menyasar target pasar yang mulai membesar ini.

Rumah Eco Green

Jika anda juga berminat dengan model desain rumah eco green atau ecodesign ini sebaiknya anda tak mudah percaya dengan tawaran manis dari para pengembang tersebut. Sebab, jika dilihat dari dekat masih banyak unsure atau elemen penting dari semuah hunian hijau yang jauh dari harapan. Apalagi sebuah permukiman dikatakan menganut konsep rumah hijau ini jika memenuhi berbaai unsure dan elemen yang dituntut.

Elemen Desain Rumah Eco Green

Rumah ramah lingkungan atau rumah eco green merupakan hunian yang dibangun dengan desain yang mempertimbangkan dan mengintegrasikan berbagai unsur atau elemen lingkungan. Dan unsur atau elemen ini tidak hanya yang berhubungan dengan masalah kebersihan udara atau banyaknya tumbuhan di sekitar rumah.

Nah, di bawah ini unsur atau hal-hal yang mesti diperhatikan dalam merencanakan atau membangun rumah eco green yang pro lingkungan di tengah jaman yang sangat modern sekarang ini.

  1. Penggunaan berbagai sumber daya, seperti energi, air, maupun lahan harus memperhatikan prinsip efisiensi dan hemat. Penggunaan sumber daya ini tidak hanya pada konsumsinya yang harus hemat, namun juga pada perencanaan denah yang efisien, termasuk ketersediaan halaman rumah untuk taman dengan berbagai fungsinya.
  2. Posisi dan pembagian ruangan juga harus dirancang secara efisien dan memperhatikan aliran udara agar memberikan sirkulasi yang optimal. Begitu juga aspek pencahayaan harus diperhitungkan dengan cermat agar saat siang rumah tak peru menggunakan penerangan listrik.
  3. Faktor kekuatan bangunan juga harus diperhitungkan terhadap berbagai faktor kemungkinan, seperti tanah yang digunakan, kekuatan fondasi, kemungkinan getaran akibat gempa ataupun kebisingan lingkungan di sekitarnya juga harus diperhatikan. Kekuatan bangunan ini dilakukan baik terhadap konstruksinya maupun bahan-bahan material yang digunakan juga mesti benar.
  4. Satu hal penting lainnya terkait konsep rumah eco green atau eco design adalah pada factor pemeliharaannya. Sebuah hunian yang ramah lingkungan harus memperhatikan bahwa rumah dibangun untuk waktu dan daya tahan tak hanya 10 atau 50 tahun namun juga selama mungkin. Pun begitu untuk perawatannya mesti diperhitungkan agar tidak mengalami kerepotan nantinya.

rumah ramah lingkungan

Itulah beberapa unsur atau eleman penting yang mesti diperhatikan dan diperhitungkan dengan baik dan cermat agar menjadi sebuah hunian yang benar-benar ramah lingkungan. Ada begitu banyak hal yang mesti diperhatikan sehingga memang bukan hal yang mudah dalam merealisasikannya menjadi sebuah hunian.

Meskipun demikian, sulit bukanlah hal yang tak bisa diwujudkan. Konsep rumah ramah lingkungan juga bisa dipadukan dengan berbagai desain rumah lainnya, seperti minimalis, modern, ataupun klasik. Dengan desain rumah eco green atau eco design yang rumah lingkungan akan memberikan manfaat yang sangat besar untuk hunian yang sehat, aman, nyaman, dan tumbuhnya anak-anak menjadi generasi yang lebih berkualitas di masa depan.

Gambar : flickr

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...