Rumah / Tips & Saran / Langkah Mudah Cara Membersihkan Perabot Rumah Tangga

Langkah Mudah Cara Membersihkan Perabot Rumah Tangga

Cara membersihkan perabot rumah mungkin tidak semudah merencanakan atau membelinya. Masalah perawatan mungkin lebih sering menjadi pekerjaan yang paling membosankan. Selain harus dilakukan secara rutin, kegiatan itu juga dilakukan dengan cara yang sama secara berulang-ulang sehingga bukan suatu aktivitas yang menarik.

Meskipun demikian, masalah perawatan terhadap furniture maupun perabot rumah mestilah tetap dilakukan agar selalu terlihat bersih dan rapi. Selain akan membuat nyaman suasana di dalam rumah, rumah yang bersih dan terawat juga akan membuat senang tamu atau saudara yang datang bersilaturahmi. Rumah yang kotor dan tak terawat tentunya akan jauh dari tamu dan saudara.

Cara Membersihkan Perabot Rumah

Tujuan yang tak kalah pentingnya dalam perawatan rumah adalah agar berbagai perabot dan furniture lebih awet dan tahan lama. Membiarkan perabot tanpa perawatan akan mudah membuatnya rusak. Namun sebaliknya, penggunaan bahan pembersih yang tidak tepat juga dapat merusak dan membuat perabot tidak awet.

Lantas apa saja yang mesti diperhatikan dalam merawat maupun cara membersihkan perabot rumah tangga? Pembahasan di bawah ini menekankan aspek jenis perabot yang perlu dibersihkan serta bahan pembersih yang digunakan.

Cara Membersihkan Jenis Perabot Rumah

Saat ini banyak sekali jenis furniture maupun perabot rumah tangga yang dijual di pasaran. Perkembangan industry yang pesat juga mendukung ketersediaan berbagai mebel yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Ada perabot yang terbuat dari bahan kayu, perabot plastik, besi, stainlessteel, aluminium, hingga bahan keramik atau batu.

Untuk anda yang senang dengan desain rumah modern, mungkin perabot anda lebih banyak didominasi jenis bahan kayu, besi, atau stainlesssteel. Namun untuk rumah-rumah dengan desain klasik dan unik, tak sedikit yang melengkapinya dengan perabot batu kali, batu giok, ataupun keramik.

Beragamnya jenis bahan perabot yang ada saat ini tentunya menuntut cara membersihkan perabot rumah yang berbeda-beda. Tidak semua jenis perabot mendapat perlakuan yang sama dalam perawatannya. Sebab, salah dalam membersihkan atau merawatnya bisa-bisa warna catnya akan cepat rusak atau luntur, maupun menjadi tidak awet.

Memilih Bahan Pembersih Perabot Rumah

Setelah mengetahui jenis bahan perabot, maka langkah selanjutnya adalah memilih bahan pembersih yang tepat untuk membersihkan perabot yang ada. Nah, berikut ini tips mudah cara membersihkan perabot rumah yang mudah anda lakukan sendiri tanpa perlu dilakukan pembantu rumah tangga.

Cara Membersihkan Perabot Rumah Tangga

  1. Untuk perawatan rutin sehari-hari dari debu dan kotoran yang menempel pada perabot, anda cukup gunakan kemoceng (jw. sulak) untuk menghalaunya. Sedangkan untuk perabot yang terbuat dari bahan serat, seperti karpet ataupun bentuk perabot yang tidak beraturan, bisa digunakan penyedot debu.
  2. Untuk membersihkan perabot dari debu yang membandel cukup gunakan kain lap yang telah dibasahi dengan air bersih. Apalagi jika perabot rumah anda terbuat dari kayu, anda tak perlu menggunakan sabun atau larutan pembersih.
  3. Sebaiknya anda berhati-hati dalam memilih bahan atau larutan pembersih perabot yang banyak dijual di super market. Hindari menggunakan bahan pembersih kimia untuk merawat perabot karena justru akan membuat perabot tidak tahan lama dan cepat rusak, terutama pada warna catnya akan cepat luntur.
  4. Hindari penggunaan alkohol ataupun baking sodang untuk membersihkan perabot terutama yang terbuat dari kayu, bambu, batu, atau bahan alami lainnya.
  5. Pilih bahan atau cairan pembersih alami untuk merawat dan membersihan perabot. Untuk membersihkan noda yang membandel yang menempel pada perabot kayu, gunakan saja kulit jeruk perasan yang telah diambil airnya. Untuk cara membersihkan perabot rumah yang dilapisi kaca gunakan saja koran bekas yang lebih efektif untuk membuatnya lebih mengkilap.

Gambar: flickr

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...