Rumah / Model Rumah / Merencanakan Desain Rumah Petak untuk Kontrakan

Merencanakan Desain Rumah Petak untuk Kontrakan

Tahukah anda mengapa kita perlu membangun rumah dengan desain rumah petak, terutama jika anda tinggal di kota besar atau di kawasan yang padat penduduk? Rumah petak merupakan rumah yang dibangun secara berderet dengan salah bagian sisi dinding saling menempel.

Model rumah petak semacam ini umumnya lebih disukai para karyawan atau pasangan yangbaru menikah sebagai rumah tinggal sementara. Dibandingkan rumah kontrakan, rumah petak tentunya jauh lebih murah karena bentuknya yang lebih mungil. Sedangkan dibandingkan kos-kosan, rumah petak lebih memberikan ruang privacy yang lebih baik karena tidak berbaur dengan penghuni lain di dalam sebuah atap rumah.

Desain Rumah Petak

Karena itu jika anda memiliki tanah yang berlokasi diperkotaan dan berencana untuk dijadikan sumber peghasilan, tak ada salahnya mempertimbangkan model rumah petak untuk dikontrakkan.Dan berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam merencanakan desain rumah petak yang tidak terkesan sempit dan nyaman sebagai rumah kontrakan.

  1. Luas lahan yang ideal untuk rumah petak adalah membujur, dan bagi menjadi beberapa bagian untuk dibangun rumah petak nantinya.
  2. Rencanakan dalam setiap rumah terdapat pembagian ruang tamu, ruang tidur, ruang dapur dan kamar mandi. Ruang tamu umumnya merangkap sebagai ruang keluarga, sedangkan untuk kamar mandi bisa ditempatkan di dalam kamar tidur atau bersebelahan dengan dapur sesuai dengan bentuk lahan yang anda miliki.
  3. Untuk memberikan privacy bagi penghuninya, sebaiknya desain pintu jangan langsung menghadap ke dalam rumah. Apalagi ruang tamu umumnya kerap difungsikan ganda juga sebagai ruang keluarga sehingga membutuhkan area yang terlindungi.
  4. Agar ruangan dalam setiap rumah petak terasa nyaman, buat sirkulasi udara yang dapat mengalir dengan bebas. Sirkulasi lebih baik dipusatkan di tengah ruangan agar bisa menjangkau semua ruangan yang ada.
  5. Untuk mempermudah akses ke rumah, jangan lupa untuk membuat teras depan. Teras untuk model rumah petak banyak fungsinya. Selain untuk tempat duduk bersantai, juga dapat untuk parkir kendaraan.
  6. Jika anda berencana melengkapinya dengan interior, maka pilihlah interior minimalis yang fungsional untuk menambah nyaman dan luas saat dihuni.

Demikianlah sedikit tips sederhana merencanakan desain rumah petak untuk kontrakan sebagai penambah sumber penghasilan keluarga anda.

Sumber gambar: flickr

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...