Rumah / Lain-lain / Merencanakan Desain Tangga Rumah Modern

Merencanakan Desain Tangga Rumah Modern

Saat ini banyak rumah modern yang melengkapinya dengan berbagai desain tangga sesuai kebutuhannya. Merencanakan model dan bentuk tangga untuk sebuah rumah bisa dilakukan sejak awal bersamaan saat merencanakan desain rumah yang ingin dibangun maupun setelah rumah jadi.

Tangga merupakan bagian dari desain rumah untuk menjangkau bagian atau ruangan lain yang berbeda level. Selain berfungsi sebagai ‘jembatan’, keberadaan sebuah tangga juga dapat dioptimalkan untuk fungsi lainnya, seperti untuk ruang penyimpanan peraltan rumah, rak buku, dan sebagainya. Bahkan tangga juga merupakan bagian dari interior yang jika didesain secara menarik akan menambah cantik dan nyaman sebuah ruangan.

desain tangga rumah modern

Merencanakan sebuah desain tangga tentunya tidak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa atau sembarangan. Merencanakan pembuatan suatu bentuk atau model tangga tidak hanya melibatkan unsur perhitungan yang cermat, namun juga membutuhkan sentuhan seni agar keberadaannya kokoh, fungsional, sekaligus juga menarik dan indah.

Kiat Merencanakan Desain Tangga Rumah

Dalam merencanakan desain tangga, tentunya harus memperhatikan berbagai factor untuk memenuhi tujuannya dan membuat ruangan terasa lebih nyaman. Nah, berikut ini beberapa kiat yang mungkin berguna untuk anda yang sedang berencana membuat tangga yang penulis ambilkan dari annahape studio maupun dari berbagai sumber lainnya.

1. Sesuaikan dengan Luasan Ruangan

Tangga tidak hanya dibutuhkan oleh rumah-rumah besar dan bertingkat yang mewah. Tak sedikit pula rumah minimalis dan mungil bertingkat yang tentunya juga membutuhkan tangga untuk menjangkau ke lantai atas. Namun karena luasan ruangan yang ada relative sempit, maka desain tangga juga perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada. Bentuk atau model tangga yang tidak mempehatikan ruangan yang tersedia akan membuat suasana menjadi tidak seimbang, sehingga ruangan akan terasa makin bertambah sempit dan sumpek.

2. Berikan Akses Pencahayaan

Lokasi tangga juga perlu mendapat pencahayaan yang cukup agar tidak terkesan seram dan lembab. Jika tangga dibuat setelah rumah jadi, anda perlu mencari lokasi yang sebaik mungkin. Meskipun demikian, anda juga bisa membuat akses pencahayaan untuk areal di sekitar tangga baik dari jendela atau dinding maupun dari atap rumah. Untuk atap rumah, diantaranya anda dapat mengganti genteng keramik dengan genteng kaca agar sinar matahari bisa masuk dan menerangi sekitr tangga.

desain tangga rumah

3. Elevasi Tangga yang Ergonomik

Tangga yang hendak dibuat mestilah bersifat ergonomik yang nyaman dan menyebabkan capek atau lelah saat menaikinya. Menurut Annahape Studio, desain tangga yang ideal mestinya memiliki ukuran tinggi setiap anak tangga sekitar 20 cm, lebar minimal 25 cm, dan panjang bisa hingga 1 meter. Ukuran ini adalah ukuran minimal berdasarkan telapak kaki dan tubuh orang dewasa sehingga bisa untuk berlalu lalang. Ukuran setiap anak tangga ini juga harus konsisten yang dihitung berdasarkan ketinggian lantai bawah dan lantai atas.

4. Memilih Ragam Bentuk Tangga

Ada banyak model dan bentuk tangga yang dibisa dipilih mengikuti kondisi ruangan yang ada, seperti bentuk L, bentuk U, maupun bentuk lurus. Untuk tangga bentuk lurus sebaiknya dihindari kecuali tinggi antar lantai rumah tidak terlalu tinggi. Sedangkan bentuk tangga yang kebanyakan dipilih adalah bentuk U karena ringkas dan tidak banyak menyita luasan ruangan yang ada.

5. Tangga sebagai Interior yang Fungsional

Agar keberadaan tangga tidak sekedar memenuhi ruangan, olah dengan sedikit kreativitas untuk menjadikannya sebagai bagian dari interior yang fungsional. Areal di sekitar tangga bisa dimanfaatkan untuk berbagai fungsi, seperti rak buku, tempat penyimpanan peralatan rumah, dan sebagainya. Begitu juga desain tangga juga dapat dibuat dari bahan dan finishing yang menarik sehingga akan menambah nyaman suasana di dalam ruangan.

Gambar: pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...