Rumah / Tips & Saran / Merencanakan Model Pagar Rumah, Pilih yang Indah atau Aman?

Merencanakan Model Pagar Rumah, Pilih yang Indah atau Aman?

Merencanakan model pagar rumah seringkali dianggap sebagai bukan hal yang utama dan pertama dilakukan dalam membangun rumah. Bahkan tak sedikit pemilik rumah yang lebih mengutamakan desain rumah utama maupun interior rumahnya ketimbang mengutamakan faktor eksterior. Apalagi tren rumah modern saat ini justru makin terbuka dan tak lagi membutuhkan pagar rumah.

Memang ada banyak pertimbangan alasan orang dalam membuat pagar rumah. Namun umumnya hanya ada faktor yang menonjol sebagai bahan pertimbangan, yaitu faktor keamanan dan faktor keindahan. Bahkan dalam banyak kasus, kedua faktor ini seringkali bersifat saling meniadakan atau dipertentangkan.

Model Pagar Rumah

Jika faktor keamanan yang menjadi pertimbangan utamanya, maka aspek estetika dan keindahan desain pagar ‘harus’ dikorbankan. Begitu juga sebaliknya, jika aspek keindahan yang ingin dikejar, maka masalah keamanan mungkin memang tidak ada. Kenyataan inilah yang juga banyak ditemukan di berbagai kawasan, baik di lingkungan perumahan yang dibangun oleh pengembang maupun di kawasan perkampungan atau perkotaan.

Lihat saja rumah-rumah dengan desain modern dan mewah tak sedikit yang membangun pagar tinggi dengan material yang kokoh dan berat seperti pagar besi atau pagar tembok dengan pintu geser dari besi yang juga tertutup rapat. Akibatnya, desain rumah yang begitu menawan akhirnya tenggelam dalam arogansi dan keangkuhan dari desain pagarnya.

Sebaliknya, jika anda memperhatikan rumah-rumah kelas menengah ke bawah di berbagai kawasan perumahan, pagar rumah terlihat begitu beragam dan bervariasi. Meskipun desain rumah di kawasan perumahan menerapkan desain yang serupa, namun bentuk dan model pagar rumah justru sangat berwarna-warni.

Hal ini terutama terjadi karena pagar seringkali tidak masuk dalam desain rumah yang menjadi tanggung jawab pihak developer. Akibatnya, masing-maisng pemilik rumah harus membuat sendiri bentuk pagar yang sesuai selera masing-masing. Parahnya, desain pagar pun dibuat sekedarnya tanpa menyesuaikan dengan desain rumah maupun fungsinya.

Kiat Merencanakan Model Pagar Rumah

Dalam merencanakan suatu bentuk atau model pagar rumah, tentunya perlu mempertimbangkan berbagai hal agar hasilnya efektif dan sesuai yang diharapkan. Begitu juga jika anda merasa kesulitan dalam membuat bentuk pagar yang diinginkan, ada banyak sekali contoh gambar pagar rumah yang bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi. Selain di internet yang bisa diperoleh dengan gratis, ada banyak media massa atau tabloid yang membahas soal desain rumah yang bisa menjadi referensi.

Pagar Rumah

Jika anda sedang berencana untuk membuat pagar rumah, di bawah ini beberapa tips dan kiat yang sebaiknya anda tahu sebagai bahan pertimbangan.

  1. Apapun tujuan anda dalam membuat pagar rumah, model pagar rumah yang anda buat atau pilih sebaiknya disesuaikan dengan desain rumahnya. Kalaupun pagar yang anda buat untuk tujuan keamanan, sebaiknya tinggi pagar tidak lebih dari sepertiga dari tinggi rumah. Kalaupun masih kurang tinggi, usahakan agar pagar rumah tidak menghalangi udara maupun cahaya matahari agar tetap bebas masuk ke dalam rumah.
  2. Bentuk dan model pagar rumah mencerminkan karakter dan sifat dari pemilik rumah. Karena itu bentuk pagar rumah sebaiknya disesuaikan dengan lingkungan dimana anda tinggal. Jika anda tinggal di dalam kampung yang sangat bersahabat, hindari membuat pagar tembok atau besi yang tertutup dan berukuran tinggi karena justru akan membuat rumah anda menjadi tidak aman karena dijauhi para tetangga.
  3. Pagar rumah juga bisa difungsikan sebagai aksen guna menambah kuat desain rumah. Anda bisa memilih berbagai desain pagar dengan bentuk dan warna yang memperkuat kesan rumah anda. Anda juga bisa memilih bentuk pagar hidup dari tanaman untuk memberikan nuansa yang lebih asri dan menawan. Fungsi akses ini pun bisa dikolaborasi dengan tujuan pagar sehingga anda tidak perlu bingung dalam merencanakan atau membuat model pagar rumah yang indah sekaligus fungsional.

Sumber gambar: images.google.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...