Rumah / Desain Dapur / Optimalisasi Fungsi Interior Dapur Kecil

Optimalisasi Fungsi Interior Dapur Kecil

Penataan desain interior dapur, termasuk interior dapur kecil, mungkin termasuk salah satu bagian rumah yang kerap diurus belakangan. Tempatnya yang ada di belakang tak jarang didesain ala kadar berdasarkan sisa ruangan yang ada. Padahal, dari dapur inilah berbagai makanan lezat dan bergizi tersaji untuk kesehatan seluruh anggota keluarga.

Pada jaman dulu, letak dapur diletakkan di posisi paling belakang rumah dan dipisahkan dari rumah utama. Hal ini dilakukan karena dapur merupakan ruang kotor dengan banyak asap yang dikhawatirkan mengganggu kenikmatan di dalam rumah. Namun seiring berjalannya waktu, konsep rumah modern justru telah mengangkat citra dapur dan menjadikannya sebagai bagian dari rumah.

Bahkan saat ini, bentuk interior dapur kecil identik dengan rumah modern. Baik desain rumah mewah hingga desain minimalis banyak yang memilih dapur mungil yang jauh lebih praktis dan mudah dalam mengelolanya. Dengan bentuk dapur yang kecil namun bersih, aktivitas memasak dan mencuci piring bisa dilakukan secara lebih efeisien.

Interior Dapur Kecil

Berikut ini beberapa tips dalam mengoptimalkan desain interior dapur kecil agar lebih fungsional.

  1. Buat tempat kompor maupun tempat mencuci piring dengan ketinggian yang porporsional agar tidak membuat sakit pinggang saat melakukan aktivitas memasak maupun mencuci piring. Untuk tempat mencuci piring bisa setinggi pinggang sedangkan untuk tempat kompor agak lebih rendah sedkit.
  2. Gunakan zinc aluminium yang tahan lama untuk tempat buangan air cucian piring. Ada banyak pilihan zinc tempat mencuci piring yang murah namun cukup awet.
  3. Manfaatkan area dinding tembok di atas zinc untuk dibuat rak kayu guna menyimpan berbagai perlengkapan dapur dan peralatan makan. Anda bisa memilih atau membel kitchen set yang banyak ditawarkan atau membuat sendiri untuk menghemat biaya.
  4. Area di bawah zinc juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi. Baik untuk tempat meletakkan tabung gas, ataupun difungsikan menyimpan berbagai peralatan rumah tangga atau pertukangan berukuran kecil yang anda miliki.
  5. Jika anda memiliki rumah dengan desain minimalis, satukan saja ruang dapur dengan ruang makan ataupun ruang keluarga. Saat tidak sedang makan, meja makan bisa difungsikan sebagai meja belajar anak-anak secara bersama. Konsep semacam ini banyak diaplikasikan untuk rumah minimalis berukuran kecil ataupun rumah tipe RS/RSS.

Demikianlah sedikit tips merencanakan desain interior dapur kecil yang fungsional untuk mengatasi berbagai keterbatasan yang ada.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...