Rumah / Lain-lain / Prospek Bisnis Properti 2015 : Menuju Klimaks!

Prospek Bisnis Properti 2015 : Menuju Klimaks!

Tahun 2014 tinggal sebulan, lantas bagaimanakah prospek bisnis properti 2015 yang akan datang? Ada berbagai analisa yang tampaknya menarik untuk diikuti terutama setelah pemerintahan baru Jokowi-JK memegang kekuasaan. Tulisan ini bukanlah ramalan atau nujum terhadap peluang bisnis perumahan karena tak ada kapasitas penulis untuk itu. Artikel ini lebih merupakan hasil olah kata dan olah data dari berbagai sumber untuk membantu melihat kemungkinan di tahun 2015.

Sejumlah analis dan pemerhati soal properti mengungkapkan pesimismenya dan memperkirakan bahwa prospek bisnis properti 2015 akan mengalami penurunan. Ada beberapa faktor yang dianggap sebagai pengerem dari laju pertumbuhan bisnis properti pada tahun depan. Diantaranya, kondisi pasar properti relatif masih labil akibat tingginya disparitas yang ada.

Prospek Bisnis Properti 2015

Selain itu adanya kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak) tentuya akan mempengaruhi harga properti sehingga akan membuat masyarakat menunda dalam membelinya. Inflasi yang naik akan menyebabkan harga bahan material dan proses pembangunan properti melonjak. Apalagi Bank Indonesia telah membatasi pemberian kredit perumahan untuk kelas menengah yang diperkirakan turut mengerem laju pertumbuhan sektor ini.

Meskipun banyak analisa yang mengungkapkan pesimismenya, namun tidak demikian dengan para pelaku bisnis properti terutama para kontraktor dan pengembang yang justru optimis menatap tahun 2015. Mereka bahkan merasa yakin bahwa tahun 2015 merupakan era klimaks dari pertumbuhan bisnis ini yang selama ini telah mereka tunggu. Bagaimana pelaku bisnis properti optimis dengan prospek bisnis ini di tahun depan, yuk kita lihat sejumlah alasannya.

Optimisme terhadap Prospek Bisnis Properti 2015

Optimisme kalangan pelaku usaha terhadap prospek bisnis properti 2015 tentunya tidak sekedar prediksi asal-asalan. Apalagi mereka adalah pelaku bisnis yang tentunya lebih mengetahui dan mengenal karakter pasar yang ditargetnya. Tahun 2015 menurut mereka justru akan melonjak tajam dan mencapai puncaknya atau mengalami klimaks dari pertumbuhan bisnis properti selama ini.

Berikut ini sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan para pelaku bisnis properti terhadap prospeknya di tahun 2015 yang akan datang.

1. Masih Tingginya Kebutuhan Pasar

Tingginya kebutuhan masyarakat terhadap tempat hunian merupakan faktor utama yang menjadi pertimbangan optimisme para pelau bisnis. Real Estate Indonesia (REI) mencatat bahwa kebutuhan masyarakat terhadap rumah tinggal yang belum terpenuhi hingga saat ini yang mencapai tak kurang dari 15 juta unit rumah. Sedangkan kemampuan pengembang membangun hunian tak lebih dari 150 ribu hunian dari potensi permintaan hunian baru yang mencapai 300 ribu setiap tahunnya.

Realitas masih tingginya kebutuhan pasar inilah yang mendorong para pengembang membangun perumahan secara massif dari sejak 2 atau 3 tahun yang lalu. Mereka pun berharap tahun 2015 akan menjadi masa panen bagi para pengembang.

Prospek Bisnis Properti

2. Trend Bisnis Properti Beberapa Tahun Terakhir

Menutup tahun 2014 para pelaku bisnis properti umumnya memaklumi penurunan penjualan yang terjadi selama tahun 2014. Hal ini terjadi karena hiruk pikuk pemilu maupun pemilihan presiden sehingga dikenal sebagai tahun politik yang memang melambatkan pertumbuhanbisnis secara umum. Meski menurun, namun tak ada istilah rugi bagi pebisnis properti.

Penjualan properti selama tahun 2014 juga dinilai tak sebaik satu atau dua tahun sebelumnya. Pada periode 2012-2013 para pengembang mengaku memperoleh nilai penjualan yang cukup menggembirakan. Nah, tren inilah yang diperkirakan akan meningkat tajam pada tahun 2015 setelah masyarakat terlepas dari hiruk pikuk politik. Bahkan pertumbuhan bisnis properti tahun 2015 diyakini akan mencapai puncaknya dan akan menurun lagi pada tahun-tahun sesudahnya. Realistiskah perkiraan prospek bisnis properti 2015 tersebut, silahkan anda cermati dan amati sendiri!

Gambar : flickr-pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...