Rumah / Kamar Tidur / Ragam Bentuk Kamar Anak sesuai Kebutuhan

Ragam Bentuk Kamar Anak sesuai Kebutuhan

Merencanakan atau merancang bentuk kamar anak bukanlah hal yang mudah. Sebagai orang tua, anda tidak bisa memaksakan ide dan keinginan anda dalam membuat kamar yang nantinya akan dihuni dan ditempati anak-anak anda. Di sinilah pentingnya orang tua memahami karakter dan keinginan anak sehingga kamar yang dibuat akan benar-benar nyaman bagi anak-anak.

Kamar anak merupakan tempat yang paling privat bagi anak-anak dimana mereka bisa mengekspresikan berbagai keinginan dan kebutuhan pribadinya. Kamar anak bukanhanya berfungsi sebagai kamar tidur, namun juga merupakan rung belajar maupun menumpahkan keluh kesahnya. Karena itulah desain atau bentuk kamar anak harus merefleksikan harapan dan keinginan anak yang akan menempatinya.

Bentuk Kamar Anak

Namun sayangnya idealita sering tak seiring dengan realitas. Maksud hati ingin menyediakan kamar anak untuk semua anak namun apa daya saat dana tak cukup. Disinilah orang au perlu berkreasi dan melakukan modifikasi tanpa meninggalkan factor kenyamanan sebuah kamar.

Nah, di bawah ini beberapa pertimbangkan yang sebaiknya anda perhatikan saat merencanakan atau membuat bentuk kamar anak.

  1. Untuk anak-anak yang masih balita, mungkin anda bisa merancang bentuk ruangan layaknya arena permainan dengan berbagai pernak-pernik untuk merangsang tumbuh kembang anak. Pemilihan warna cat tembok bisa dilakukan dengan penuh warna karena sangat berguna untuk merangsang kreativitas anak. Begitu juga plafon atau dindingnya bisa ditempel dengan berbagai jenis permainan yang merangsang bunyi maupun ketrampilan motorik anak.
  2. Jika anak-anak anda telah memasuki bangku sekolah dasar, anda bisa membuat entuk kamar anak yang berfungsi ganda, baik untuk kamar tidur maupun ruang belajar. Meja belajar sebaiknya dibuat terpisah sesuai jumlah anak anda agar masing-masing memiliki tanggung jawab. Sedangkan tempat tidur bisa dibuat dalam bentuk bersusun yang bisa disorongkan atau ditumpuk saat tidak digunakan.
  3. Sedangkan untuk anak yang telah menginjak usia remaja, mungkin anda perlu membuatkan masing-masing anak sebuah kamar yang terpisah. Usia remaja membutuhkan privacy yang terpisah, sehingga anda pun mesti menyediakannya untuk itu. Untuk model kamar anak usia remaja anda bisa memanfaatkan garasi mobil, teras balakang, ataupun berbagai ruang kosong lainnya untuk dibuatkan kamar. Jangan lupa untuk mengajak anak merencanakan bentuk kamar anak sesuai keijnginan mereka.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...