Rumah / Desain Rumah / Desain Modern / Ragam Model Atap Rumah dan Bentuk Plafon

Ragam Model Atap Rumah dan Bentuk Plafon

Saat ini ada banyak sekali model atap rumah yang telah dibangun orang untuk hunian yang nyaman dan menyenangkan. Perkembangan ilmu arsitektur yang sangat pesat juga telah melahirkan beragam bentuk atap rumah yang disesuaikan dengan perkembangan jaman maupun kebutuhan masyarakat yang akan menghuninya.

Anda mungkin pernah mendengar atau mengetahui tentang bentuk atap joglo, limasan, bentuk rumah gadang, dan sebagainya. Desain dan bentuk atap rumah semacam itu sangat khas dan masing-masing memiliki filosofi maupun fungsi yang berbeda-beda. Jika anda melacak ragam bentuk atap rumah, maka anda akan menemukan banyak sekali daftarnya.

Model Atap Rumah

Selain itu sebuah desain rumah dapat dilihat dari bentuk atapnya. Memang ada berbagai bentuk dasar atap rumah yang menjadi factor bagi seorang arsitektur dalam merencanakan dan membuat sebuah rancangan rumah. Ada atap pelana, atap perisai, ataupun model atap rumah lainnya yang masing-masing tentunya memiliki fungsi dan sifat yang berlainan.

Coba anda bandingkan beberapa model atap bangunan yang pernah dibuat manusia untuk sekedar menangkap makna utamanya. Bentuk rumah joglo memiliki empat sisi yang simetris, bandingkan dengan bentuk atap Piramid yang ada di Mesir, ataupun atap bangunan Monumen Jogja Kembali berbentuk tumpeng yang ada di Yogyakarta. Semua bentuk atap bangunan ini memiliki titik berat di tengahnya yang menjulang ke atas sementara bagian sisi seimbang, baik dengan bentuk persegi ataupun lingkaran.

Selain mengandung filosofi yang dalam sebagai wujud ‘ketundukan’ dan ‘kepatuhan’ kepada Tuhan yang di atas, desain atap semacam ini juga berguna untuk meningkatkan kekuatan dan kekokohan bangunan, dan juga sangat efektif dalam membuat suasana di dalam bangunan menjadi lebih nyaman.

Mempertimbangkan Bentuk Model Atap Rumah

Seiring perkembangan kebutuhan masyarakat yang makin modern, pemilihan bentuk atap rumah juga dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor lainnya. Nah, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan dalam memilih desain model atap rumah untuk hunian yang nyaman.

Desain Atap Rumah

  1. Pilihlah desain atap rumah sesuai kebutuhan maupun harapan anda karena atap rumah merupakan mahkota bangunan yang menentukan façade bangunan.
  2. Sesuaikan bentuk atap dengan bahan atau material yang akan anda gunakan. Ada banyak material atap rumah yang bia dipilih, seperti genteng keramik, genteng beton, atap beton, asbes, seng, dan sebagainya. Konsultasikan dengan arsitek anda untuk menemukan bentuk atap yang sesuai dengan keinginan anda.
  3. Memilih bentuk atau model atap rumah sebaiknya juga disesuaikan dengan kemampuan keuangan anda. Selain menyangkut jenis bahan yang nantinya akan dipilih, bentuk atap juga menentukan jumlah material yang mesti disiapkan.
  4. Pertimbangkan juga faktor pemeliharaannya di kemudian hari. Sebaiknya hindari memilih atap yang justru akan membuat anda kerepotan saat harus mengganti genteng yang pecah atau rusak sehingga menimbulkan kebocoran saat hujan.
  5. Saat memilih bentuk atap rumah, sesuaikan juga dengan bentuk plafon yang ada inginkan. Bentuk plafon yang baik akan mampu membuat sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lancar sehingga mampu menciptakan suasana rumah terasa lebih nyaman. Ada banyak jenis plafon yang juga bisa dipilih, seperti gypsum atau tripleks.
  6. Dalam memilih bentuk atap dan plafon rumah tersebut, sebaiknya hindari terbentuknya ruangan di bawah atap yang justru akan mengundang tikus untuk datang dan bersarang di dalamnya. Anda tentu sering mendengar banyaknya rumah yang sering terganggu dengan adanya tikus-tikus yang bersarang di atap rumah akibat salah dalam memilih bentuk atap rumah.

Itulah informasi tentang ragam desain dan model atap rumah yang maisng-masingmemiliki filosofi, fungsi, dan manfaatnya untuk menjadikan hunian rumah menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Sumber gambar: pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...