Rumah / Dekorasi / Tips Dekorasi Ruang Tamu yang Ramah dan Nyaman

Tips Dekorasi Ruang Tamu yang Ramah dan Nyaman

Dekorasi ruang tamu merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah rumah. Selain mengekspresikan karakter dari pemilik rumah terhadap tamu yang datang, ruang tamu juga dapat mewakili tema desain rumah secara keseluruhan. Ruang tamu yang nyaman bukan saja akan membuat senang tamu yang dating, namun juga akan memberikan sumbangan penting dalam meningkatkan kenyamanan ruangan lainnya di dalam rumah.

Banyak unsur dari dekorasi ruang tamu rumah modern yang bisa dimanfaatkan untuk mempercantik ruangan maupun meningkatkan kenyamanan suasananya. Pemilihan furnitur, warna cat ruangan, lampu, maupun aksesoris ruangan dapat dioptimalkan untuk itu.

dekorasi ruang tamu rumah

Pemilihan karpet maupun aksesoris akan memperkuat kesan atau tema ruangan yang telah anda pilih. Meksipun unsur ini sering dianggap sepele, namun memilih karpet maupun aksesoris ruangan yang tepat akan memberikan kesan yang lebih kuat.

Nah, berikut ini beberapa tips dekorasi ruang tamu rumah agar ruangan terasa lebih nyaman, lebih raman, dan lebih menarik.

  • Perabot penting yang terdapat dalam ruang tamu adalah furniture meja dan kursi tamu. Saat ini ada banyak sekali model dan jenis meja kursi yang bisa dipilih untuk mengusi ruang tamu, seperti sofa, model kursi antik, ataupun meja kursi modern dengan berbagai macam bahan. Karena itu dalam memilih furniture ruang tamu perlu disesuikan dengan konsep maupun tema ruang tamu yang anda rencanakan atau inginkan.
  • Untuk mempercantik ruangan, tambahkan perabot untuk posisi tertentu di dalam ruang tamu. Anda bisa menambahkan nakas atau credensa untuk mengisi ruang sudut untukmemberikan kesan yang lebih kuat terhadap tema ruangan. Apalagi meja sudut semacam ini banyak fungsinya, seperti untuk tempat penyimpanan maupun sebagai pengimbang komposisi warna ruangan yang ada.
  • Jika ruang tamu anda terlalu mungil atau kecil sehingga terasa sempit, bentuk perabot yang mengisi ruangan tak perlu terlalu banyak atau terlalu besar ukurannya. Selain itu, pilih warna cerah agar ruangan terasa lebih lega dan longgar. Tentang tips membuat ruang sempit di rumah minimalis ataurumah mungil agar terasa longgar mungkin anda dapat membaca artikel blog ini sebelumnya.

Dekorasi Ruang Tamu Rumah Besar

Persoalan yang sering ditemukan pada penataan dan dekorasi ruangan adalah terbatasnya ruangan yang ada sehingga pemilik rumah sering kesulitan dalam memilih dan menata perabot. Namun tak sedikit pula pemilik rumah dengan luasan yang cukup besar juga kesulitan dalam menata dan mendekor ruang tamunya. Dalam hal ini, anda juga tak perlu mengisi atau memenuhi ruang tamu dengan banyak perabot.

dekorasi ruang tamu

Nah, untuk menyiasati besarnya ruang tamu yang ada, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, diantaranya:

  1. Untuk ruangan yang cukup besar, anda bisa mengakalinya dengan ‘membagi’ ruangan. Caranya gantung saja lampu hias di beberapa sisi untuk membedakan antar bagian ruangan tersebut. Agar lampu yang ada terlihat jelas danmemberikan kesan yang kuat dalam membagi ruangan, pilih jenis lampu hias dengan ukiran untuk memberikan eye cathing.
  2. Dalam memilih perabot untuk dekorasi ruang tamu berukuran besar, pilih perabot yang memiliki banyak pernak-pernik, seperti kursi ukiran atau model klasik. Selain itu tempatkan meja kursi ruang tamu ini tidak menempel pada dinding melainkan agak menjorong ke tengah ruangan. Penempatan yang tepat akan memberikan keseimbangan yang lebih baik.
  3. Tempatkan lukisan atau dekorasi lain untuk mengisi bagian dinding yang sering terasa kosong. Selain lukisan, dekorasi yang bisa ditempatkan pada dinding diantara adalah wayang, hiasan dinding, atau lampu tembok. Selain itu anda juga bisa memberikan warna cat dinding dengan warna yang gelap agar ruangan tidak terkesan terlalu kosong.

Itulah beberapa tips ringan dekorasi ruang tamu untuk berbagai tipe rumah agar memberikan kesan yang lebih nyaman, lebih menarik, sekaligus juga lebih ramah.

Sumber gambar: pixabay

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...