Rumah / Teras & Taman / Tips Membuat Teras Rumah yang Fungsional dan Nyaman

Tips Membuat Teras Rumah yang Fungsional dan Nyaman

Desain teras rumah yang fungsional dan nyaman sangt berguna dalam mendukung kenyamanan sebuah hunian. Namun sayangnya, teras sering terabaikan dan diletakkan dalam urutan terakhir dalam merencanakan suatu desain rumah.

Teras Rumah

Teras merupakan bagian antara yang memisahkan bagian luar dan bagian dalam rumah. Nah, di bawah ini sejumlah tips dalam membuat teras rumah yang fungsional dan nyaman yang semoga berguna untuk meningkatkan kenyamanan sebuah rumah hunian.

  1. Jika anda berniat membuat tempat bersantai yang nyaman, anda bisa menambahkan kursi santai di teras untuk duduk atau bercengkerama bersama anggota keluarga. Pilihlah kursi santai yang nyaman untuk duduk berlama-lama, seperti kursi bambu, rotan, kursi kayu.
  2. Jika anda memiliki teras depan maupun teras di belakang rumah, anda dapat membuatnya berbeda berdasarkan fungsinya. Teras depan lebih tepat sebagai area santai untuk tamu ataupun mempererat silaturahmi dengan tetangga lainnya. Sedangkan teras belakang dapat difungsikan sebagai area privat untuk berkumpul keluarga. Dengan penetapan fungsi ini, maka perabot yang akan diisikan pada teras bisa dipilih berdasarkan fungsinya tersebut. Misalnya untuk teras belakang, anda bias menambahkan kursi malas dengan lapisan busa yang juga difungsikan untuk tiduran atau bermalas-malasan.
  3. Tambahkan pot bunga untuk menambah segar suasana di teras. Pot bisa dipilih yang berukuran sedang dan diletakkan di bagian sudut. Jika ruangan yang ada terlalu sempit, dapat juga dibuatkan pot gantung  yang ketinggiannya di atas tinggi rata-rata orang agar tidak mengenai kepala. Adanya pot tanaman akan menambah sejuk suasana teras.
  4. Untuk meningkatkan fungsi teras rumah, anda bisa menambahkan rak sepatu ataupun guci tanah liat untuk tempat payung. Jika teras sangat tempat sempit dan kerap merangkap fungsi sebagai tempat parkit motor, pilih kursi yang ramping dengan jumlah satu atau dua buah saja.
  5. Jika arah rumah menghadap matahari langsung, baik menghadap ke barat atau ke timur, anda bisa menambahkan tirai dari bamboo untuk menghalangi silau dimana tirai ini dapat digulung saat tidak udara tidak panas.

Itulah sedikit tips simple meningkatkan fungsi teras rumah agar lebih nyaman  sebagai tempat bersantai, dan semoga berguna untuk anda.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...