Rumah / Dekorasi / Tips Menata Ruang Keluarga yang Simple Namun Nyaman

Tips Menata Ruang Keluarga yang Simple Namun Nyaman

Menata ruang keluarga merupakan bagian yang sangat penting yang mesti diperhatikan dengan serius. Ruang keluarga merupakan areal sentral yang menghubungkan fungsi ruangan lain di dalam rumah. Di ruangan ini pula komunikasi keluarga dibangun dan dikondisikan guna terciptanya keluarga yang harmonis. Karena itulah sangat penting memperhatikan ruang yang satu ini.

Ruang keluarga merupakan areal privat yang paling penting dalam sebuah rumah. Apakah rumah anda berukuran besar dengan desain bertingkat ataupun rumah minimalis atau yang berukuran mungil, ruang keluarga harus menjadi sentral dari penataan interior di dalam rumah. Di ruang inilah anda dapat menghabiskan waktu berkumpul dan bercengkerama bersama seluruh anggota keluarga.

Menata Ruang Keluarga

Begitu pentingnya menata ruang keluarga sehingga harus mempertimbangkan kenyamanan dan fungsi perabot yang dimasukkan di dalamnya. Begitu juga dengan dekorasinya juga harus dirancang untuk mendukung kenyamanan dalam membangun komunikasi bersama anggota keluarga.

Dalam mempersiapkan ruang keluarga yang menyenangkan tidak harus dilakukan secara ideal. Anda tidak harus menyediakan ruangan yang besar untuk menjadikannya nyaman dan menyenangkan. Anda juga tidak perlu merencanakannya sejak awal, karena yang diutamakan adalah membuatnya menjadi ruangan yang nyaman dan menyenangkan. Disinilah pentinya menata ruang keluarga dilakukan dengan baik dengan memperhatikan pada unsur-unsur yang terdapat didalamnya.

Tips Menata Ruang Keluarga

Tips Mudah Menata Ruang Keluarga

Nah, untuk memberikan masukan untuk anda dalam menata ruang keluarga yang nyaman dan fungsional, berikut beberapa tips yang semoga berguna dan memberikan inspirasi.

  1. Pilihlah furnitur atau perabot yang tidak membebani ruangan. Jika luas ruangan cukup lebar mungkin tak akan menjadi masalah dengan memenuhi banyak furniture. Namun jika luasan cukup sempit, maka anda perlu memilih furniture yang dapat membat suasana tetap terasa lapang, lega, dan nyaman. Sofa merupakan perabot yang sangat cocok untuk ruang keluarga.
  2. Tambahkan perabot atau fasilitas ruangan lainnya agar ruangan terasa lebih nyaman dan tidak kaku saat berkumpul bersama. Karpet tebal dengan bantal yang diletakkan di tengah ruangan akan membuat anak-anak merasa santai dan bebas dalam menikmati suasana yang ada. Nakas atau meja sudut dengan pot dengan isi bunga yang berwarna-warni juga akan meningkatkan suasana menjadi lebih sejuk.
  3. Utamakan fungsi ruang keluarga agar mampu menampung manfaat sebagai areal untuk berkumpul keluarga yang nyaman. Atur dekorasi dan penataan berbagai unsure dekorasi dengan mempertimbangkan fungsi tersebut. Tambahkan hiasan dinding dengan foto keluarga atau foto anak-anak yang akan membuat ruang terasa lebih hidup. Gunakan juga warna cat tembok yang cerah agar ruang terasa lega dan memberikan efek kegembiraan.
  4. Jadikan ruang keluarga sebagai ruang yang penuh canda dengan berbagai fasilitas hiburan. Anda bisa memasang home theatre sehingga anda bisa menyaksikan acara TV atau film bersama seluruh anggota keluarga. Anda juga dapat berkaraoke dan bernyanyi bersama anak-anak dan pasangan anda. Jika anda mempunyai dana lebih tak ada salahnya berlangganan TV yang menyediakan banyak film anak-anak yang akan membuat anak merasa senang.
  5. Ruang keluarga yang baik sudah semestinya nyaman dan menyenangkan dalam semua rentang waktu. Baik saat siang terlebih lagi pada malam hari. Karena itu buatlah pencahayaan di ruangan ini juga dirancang agar nyaman untuk berbagai acara atau kegiatan di dalamnya. Anda bisa memasang jenis lampu neon terang yang mampu menjangkau semua sudut ruang. Namun akan lebih baik jika anda juga menyediakan lampu jenis temaram seperti spot light untuk membuat ruang terasa lebih sejuk.

Demikianlah beberapa tips ringan dalam membuat ruang keluarga lebih optimal untuk membangun komunikasi yang baik dengan seluruh anggota keluarga. Menata ruang keluarga secara efektif akan sangat berguna dalam membangun keluarga yang harmonis dan bahagia.

Sumber gambar:flickr

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...