Rumah / Dekorasi / Tips Merancang Desain Interior Ruang Makan yang Fungsional

Tips Merancang Desain Interior Ruang Makan yang Fungsional

Bagi sebagian orang, desain interior ruang makan mungkin dianggap tidak terlalu penting seperti halnya ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang tidur utama. Namun bagi sebagian yang lain, ruang makan justru merupakan kawasan privat yang begitu urgen untuk membangun komunikasi di dalam keluarga. Apalagi jika rumah yang anda miliki termasuk rumah mungil atau minimalis yang tidak mempunyai lahan yang cukup untuk membangun ruang keluarga yang menyenangkan.

Pada era kakek atau nenek kita dulu, ruang makan umumnya dipisahkan dengan ruang dapur meskipun keduanya selalu diposisikan di bagian paling belakang rumah. Dapur dianggap sebagai area yan penuh debu dan kotor sehingga harus dipisahkan dari ruang makan dan biasanya malah diletakkan agak terpisah dengan rumah utama. Hal ini terutama agar dapur tidak mengganggu selera saat anggota keluarga sedang makan bersama.

interior ruang makan

Mungkin karena konsep dapur dan ruang makan yang ada di belakang rumah (dalam Bahasa Jawa disebut wingking) yang memunculkan istilah ‘konco wingking’ untuk menyebut istri. Bukankah tugas utama seorang istri adalah untuk memasak dan mempersiapkan makanan untuk kesehatan dan kemakmuran seluruh anggota keluarga?

Namun seiring dengan perkembangan jaman dan dinamika yang makin modern, wanita pun telah setara dengan pria dan mempunyai peran dan tugas yang tak lagi hanya ada di bagian belakang. Meskipun tugasnya dalam memasak dan menyiapkan makanan yang sehat dan berkualitas tetap tak berubah, namun peran ini telah menyatu dan menjadi bagian tak terpisahkan dari konsep keluarga modern. Karena itu pula konsep desain interior ruang makan rumah modern pun tak lagi ada di bagian belakang rumah.

Bahkan dalam perkembangan dimana harga tanah makin mahal dan rumah minimalis atau mungil menjadi pilihan yang tak terelakkan, maka konsep ruang makan pun telah berubah dan menyatu dengan ruang dapur. Apalagi dalam konsep dapur modern tak lagi lekat dengan konotasi debu dan kotoran. Ruang dapur dalam rumah modern telah tampil begitu simpel, bersih, efisien, dan fungsional.

Memilih Model Meja Kursi Ruang Makan

Salah satu perabot penting dalam desain interior ruang makan adalah meja dan kursi makan. Umumnya masyarakat menyediakan meja kursi ruang makan ini dengan cara membeli yang sudah jadi. Alasannya, selain lebih cepat dan bebas dalam memilih, juga harganya lebih murah. Apalagi saat ini ada banyak sekali model perabot ruang makan ini yang tersedia di pasaran.

Selain modelnya yang beragam dan makin futuristik, bahan yang digunakan dalam pembuatan meja kursi ruang makan rumah modern juga sangat variatif. Selain bahan kayu, tak sedikit yang memodifikasi dengan bahan besi, fiber, rotan, dan bahan lainnya. Meja makan dengan konsep berputar pun telah mengalami perubahan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

desain interior ruang makan

Namun agar model desain interior ruang makan rumah anda lebih fungsional, tentunya anda juga perlu menyesuaikan dengan tema desan rumah itu sendiri maupun dengan kebutuhan anda. Karena itu salah satu tips penting dalam merencanakan bentuk interior maupun dekorasi ruang makan adalah dengan merencanakan dan memesan sendiri perabot yang dibutuhkan. Apalagi jika rumah anda berjenis minimalis atau fungsional, maka tentu faktor fungsi dan asas kemanfaatan harus menjadi pertimbangan pertama.

Bahkan jika perlu, anda tak mesti menyediakan meja kursi atau perabot ruang makan sepert yang dilakukan kebanyakan orang lain. Anda misalnya, bisa merencanakan ruang makan yang sekaligus berfungsi sebagai ruang keluarga maupun ruang berkomunikasi dengan anak-anak. Untuk mendukung suasan semacam ini, maka meja maupun kursi makan bisa dirancang akan lebih rendah atau dengan model lesehaan. Bisa juga meja dibuar membentuk oval yang fungsional untuk makan maupun untuk belajar anak-anak. Yang utama, merencanakan desain interior ruang makan sudah semestinya memperhatikan fungsi, manfaat, serta kesesuaikan dengan desan dan model rumahnya.

Sumber gambar: flickr

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...