Rumah / Desain Rumah / Desain Modern / Yuk Merancang Sendiri dengan Software Desain Rumah Gratisan

Yuk Merancang Sendiri dengan Software Desain Rumah Gratisan

Saat ini ada banyak software desain rumah yang dapat dimanfaatkan jika kita ingin membuat rumah dengan rancangan sendiri. Software ini ada yang berbayar namun tak sedikit pula yang gratis dan bebas diunduh tanpa biaya sedikit pun.

Meskipun gratisan, anda tak perlu khawatir dengan kualitas software gratisan. Tak sedikit jenis program ini yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang cukup lengkap dan canggih untuk mewujudkan keinginan anda dalam merencanakan sebuah rumah dengan desain yang anda harapkan.

Apalagi juga disediakan tutorialnya sehingga anda dapat dengan mudah dan cepat dalam menguasainya. Anda tak perlu menjadi ahli terlebih dahulu atau harus memahami bahasa pemrograman untuk menggunakannya karena program ini mudah dijalankan dan sangat user friendly.

Software Desain Rumah Gratis

Nah, berikut ini beberapa software desain rumah gratis terbaik yang paling banyak digunakan, sehingga anda dapat memilih mana yang lebih ssuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

1. Software 3D Home Design

Software ini dibuat oleh LiveCAD yang dilengkapi dengan berbagai tools yang cukup lengkap untuk membuat tampilan yang lebih sempurna secara tiga dimensi (3D). Untuk mengunduhnya anda dapat mengunjungi websitenya di http://www.livecad.net/EN/Products/3d-home-design-software.php

2. Software Sweet Home 3D

Dengan software ini anda juga dapat menambahkan berbagai elemen rumah, seperti pintu, jendela atau kamar dengan relative mudah dan melihat hasilnya secara tiga dimensi (3D) pula. Silahkan unduh programnya di sini: http://www.sweethome3d.com/index.jsp

3. Software Autodesk Homestyler

Software ini juga bekerja secara 3D dan banyak digunakan karena kemudahannya dan fiturnya yang cukup lengkap. Untuk menggunaan program ini anda tak perlu mengunduhnya karena fasilitasnya hanya bisa digunakan secara online di situsnya ini http://www.homestyler.com/

4. Software Sketch Up 3D

Sketch Up 3D merupakan aplikasi yang snagat fungsional untuk merancang dan membuat desain rumah dengan fitur yang cukup beragam dalam memberikan warna, tekstur, atau menyusun obyek. Untuk mengunduhnya silahkan kunjungi link ini: http://www.sketchup.com/download

5. Software Roomle

Software ini juga tidak perlu didownload karena hanya bisa digunakan secara online dan gratis. Untuk menggunakannya anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mengunjunjungi websitenya di : http://www.roomle.com/start.jsp

6. Software FloorPlanner

Software ini snagat berguna untuk membuat rencana denah maupun interior yang anda inginkan. Untuk mendapatkan software desain rumah gratis ini kunjungi saja websitenya di http://www.techiequest.com/design-your-dream-room-with-floorplanner/

Cara Menggunakan Software Desain Rumah 3D

Untuk memberikan gambaran tentang cara penggunaan software itu dalam membuat desain rumah, mari kita ambil salah satunya, yaitu Sweet Home 3D. Aplikasi ini termasuk salah satu software desain rumah 3D terbaik dengan berbagai fitur yang akan membuat anda merasa termanjakan dalam merancang sebuah desain rumah.

Software Desain Rumah

Selain lengkap, software ni juga cukup mudah digunakan bahkan untuk orang awam sekalipun. Aplikasi ini menggunakan teknik drug and drop atau tekan dan geser untuk membuat sebuah desain. Berbagai elemen rumah, seperti pintu, jendela, furniture, atau lampu semuanya telah tersedi dalam catalog default sehingga anda tinggal mengambilnya saja tanpa perlu menggambar terlebih dahulu.

Desain Rumah Gratis

Setelah anda unduh dan install di komputer anda, berikut beberapa menu utama dalam Sweet Home 3D yang perlu dikuasai dan diperhatikan.

  • Home Plan – Menu ini merupakan area kerja yang terlihat sebagai datar yang kosong dimana anda akan membuat rancangan atau desai rumah yang anda inginkan. Dalam proses membuat desain, area masih akan terlihat dalam bentuk dua dimensi.
  • Home 3D View – Menu ini berfungsi untuk melihat hasil kerja anda dalam bentuk tiga dimensi (3D) yang cukup detail dan sangat nyata. Dengan melihat hasilnya pada view ini anda bisa kembali ke area kerja jika dirasa masih ada hal yang perlu dibenahi atau disempurnakan.
  • Furniture Catalog – Di menu inilah berbagai obyek elemen rumah tersimpan, terutama berbagai catalog furniture. Dengan membuka menu ini anda bisa mengambil dengan cara drug and drop dan memindahkannya untuk disusun ke area kerja.
  • Home Furniture List – Menu ini hamper mirip dengan Furniture Catalog namun disusun dalam bentuk daftar yang lebih detail, dari meja, kursi, dan berbagai jenis perabot lainnya. Bahkan ukuran, model, maupun warna dalam menu software desain rumah 3D ini juga bisa dipilih sesuai kebutuhan anda.

Gambar:sweethome3d.com

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...