Rumah / Kombinasi Warna / Bagaimana Memilih Perpaduan Warna Cat Rumah?

Bagaimana Memilih Perpaduan Warna Cat Rumah?

Persoalan bagaimana memilih perpaduan warna cat rumah merupakan hal yang jamak kita temukan. Apalagi jika kita tidak memahami masalah komposisi maupun fungsi warna agar menghasilkan ruangan yang nyaman dan sesuai fungsinya. Karena itulah pertanyaan semacam ini juga kerap muncul dalam konsultasi tentang rumah atau interior.

Sebenarnya tak ada rumus atau patokan standar menyangkut bagaimana memilih perpaduan warna cat rumah maupun cara mengkombinasikannya. Dengan warna cat dinding rumah anda dapat mengekspresikan rasa seni anda secara bebas tanpa terikat dengan aturan atau ketentuan apapun. Apalagi yang akan menempati dan menghuni adalah anda sehingga sehingga andalah yang tentunya lebih mengetahui selera yang anda inginkan.

6.bagaimana memilih perpaduan warna cat rumah

Nah, berikut ini beberapa tips ringan bagaimana memilih perpaduan warna cat rumah yang mungkin perlu anda ketahui dan semoga berguna untuk anda.

  1. Salah satu prinsip komposisi warna cat dalam rumah yang banyak diterapkan kalangan desainer interior adalah bahwa beberapa warna berlainan sebaiknya dilakukan secara mengalir. Hindari membuat dua warna kontras dalam sebuah ruang. Kalaupun anda melakukannya, sebaiknya tambahkan furniture atau perabot yang mengandung kedua warna tersebut untuk menjembataninya.
  2. Sesuaikan pilihan warna cat dengan ukuran ruangan. Pemilihan warna soft atau gelap akan membuat ruangan yang kecil makin terasa sempit. Karena pilih warna terang, seperti putih atau krem untuk rumah minimalis anda agar ruangan terasa lapang dan lega.
  3. Pilih warna cat berdasarkan fungsi ruang.  Gunakan warna cat yang soft dan tenang untuk kamar tidur utama maupun kamar tidur tamu karena dapat memberikan nuansa yang tenang dan mendukung suasana untuk tidur dan beristirahat.
  4. Pertimbangkan pula lokasi atau arah ruangan dalam memilih warna cat. Faktor ini berhubungan dengan akses terhadap cahaya matahari yang mengenainya. Untuk ruang atau dinding yang mendapat atyau menghadap matahari, sebaiknya gunakan warna bernuansa hijau, biru, lavender, atau abu-abu untuk mengurangi tone warna. Sebaliknya, untuk dinding atau ruang yang kurang terkena matahari sebaiknya pilih warna cat dengan nuansa kuning, coklat, atau soft peach yang lebih hangat.

Demikian beberapa hal menyangkut bagaimana memilih perpaduan warna cat rumah yang mungkin anda bisa pertimbangkan untuk kenyamanan dan keindahan rumah anda.

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...