Rumah / Dekorasi / Tips Agar Ruangan Kecil Rumah Terlihat Luas

Tips Agar Ruangan Kecil Rumah Terlihat Luas

Bagaimana sih cara atau tips agar ruangan kecil rumah terlihat luas dan lapang? Persoalan semacam ini umumnya dialami masyarakat yang memiliki rumah mungil ataupun rumah dengan desain minimalis. Apalagi kenyataan saat ini yang tidak memungkinkan kita untuk membangun rumah besar dengan halaman yang luas mengingat mahalnya harga tanah.

Meskipun demikian rumah mungil atau kecil sebenarnya relatif sesuai untuk keluarga kecil ataupun yang belum menikah. Apalagi dari segi perawatannya tentunya juga lebih mudah dibandingkan rumah besar dimana kita harus membayar gaji pembantu untuk melakukannya. Inilah sebagian keuntungan memiliki rumah mungil atau rumah minimalis yang fungsional.

Tips agar ruangan kecil rumah terlihat luas

Namun terbatasnya luasan ruang yang ada tak jarang membuat kesan yang sumpek sehingga mengurangi rasa nyaman saat ditempati. Nah, berikut ini tips agar ruangan kecil rumah terlihat luas sehingga rumah terasa lebih lega dan nyaman.

  1. Sesuaikan ukuran dan bentuk furniture atau perabot yang mengisi ruangan di dalam rumah. Untuk rumah minimalis, umumnya perabot yang sesuai adalah jenis minimalis pula. Dengan menggunakan pendekatan fungsional terhadap perabot yang ada, tentunya ruangan tak akan terasa sempit. Sebaliknya, hindari menumpuk barang atau perabot besar di dalam rumah yang sempit.
  2. Hindari penggunaan sekat untuk membedakan antar ruangan. Apalagi jika ada lemari besar yang difungsikan untuk membagi ruangan, justru akan membuat ruangan menjadi terasa sempit. Jika anda berniat membatasi ruang keluarga dengan ruang tamu, gunakan saja sekat pendek yang mudah dipindah atau digeser. Saat ini ada banyak jenis sketsel ruangan yang mudah dipindah yang dijual di pasaran.
  3. Jika anda merasa ruangan di dalam rumah anda terasa sempit, lakukan perubahan dengan memadukan beberapa ruangan ke dalam satu fungsi saja. Jika ruang dapur dengan ruang makan terpisah oleh tembok, anda bisa membongkarnya saja untuk dijadikan dalam satu ruang saja. Efisien fungsi merupakan salah satu tips agar ruangan kecil rumah terlihat luas.
  4. Coba pasang cermin besar pada sejumlah ruang di dalam rumah karena ini berguna untuk memberikan kesan lapang dan longgar pada ruangan yang ada. Efek psikologis yang ditimbulkan dari pemasangan cermin sangat berguna sebagai tips agar ruangan kecil rumah terlihat luas dan longgar dan lapang.

sumbar gambar: images.google.com

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...