Rumah / Pencahayaan / Tips Memilih Lampu Ruangan Yang Artistik

Tips Memilih Lampu Ruangan Yang Artistik

Tahukah anda bagaimana tips memilih lampu ruangan yang artistik? Interior sebuah rumah sebenarnya ditentukan banyak faktor. Selain unsur perabot atau furniture, faktor dekorasi ataupun warna cat juga turut berpengaruh terhadap keindahan dan kenyamanan sebuah ruang. Ruangan pun dapat diperindah lagi dengan penambahan berbagai asesoris ataupun pernak-pernik ruangan.

Selain itu semua, lampu juga turut memperkuat keindahan interior yang anda bangun. Dengan memilih jenis dan bentuk lampu yang sesuai, maka keserasian dan rasa seni yang memancar dari ruangan tersebut juga akan semakin terasa. Karena itulah tips memilih lampu ruangan yang artistik juga penting diperhatikan untuk memperkuat desain interior rumah anda.

9. Tips Memilih lampu ruangan yang artistik

Peran atau fungsi lampu, tak hanya sebagai alat penerangan. Lampu juga berfungsi sebagai bagian dari dekorasi ruangan itu sendiri. Artinya, manfaat lampu bukan hanya dari cahaya yang ditimbulkannya namun juga dari bentuk dan model lampu itu sendiri. Nah, berikut ini beberapa tips memilih lampu ruangan yang artistik yang mungkin berguna untuk anda.

  1. Tentukan terlebih dahulu jenis lampu yang ingin anda gunakan. Apakah anda merencanakan untukmenggunakan lampu gantung, lampu meja, lampu berdiri (standing lamp), atau lampu dinding (wall lamp). Setiap jensi lampu tersebut tentunya memiliki fungsi yang berlainan dan mesti disesuaikan dengan penempatannya di dalam ruangan.
  2. Rencanakan pula ruangan yang ingin anda tambahkan lampu-lampu tersebut. Setiap ruangan tentunya memiliki desain dan fungsi yang berlainan. Desain ruang tamu tentunya sangat berbeda dengan desain ruang tidur.
  3. Sesuaikan model, bentuk, maupun pencahayaan lampu yang akan dipilih dengan tema ruangan yang ada. Untuk lampu kamar tidur mungkin anda cukup menyediakan lampu meja dengan pencahayaan redup yang bisa diletakkan di atas meja nakas yang ada di kedua sisi tempat tidur. Untuk ruang tamu bertema klasik ataupun modern, anda bisa memilih jenis lampu gantung dengan bentuk klasik yang penuh ornamen ataupun jenis lampu kristal yang modern.
  4. Pertimbangkan luasan ruangan dengan lebar dan kekuatan cahaya dari lampu. Bentuk lampu kecil untuk ruangan yang besar akan menjadikan cahaya lampu tak akan mampu menjangkau. Demikian pula untuk ruangan yang kecil tidak cocok dengan lampu besar.
  5. Gunakan jenis lampu spotlight untuk memperkuat interior atau dekorasi ruangan anda. Anda bisa menempatkan beberapa buah lampu jenis ini dalam sebuah ruangan sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa tips memilih lampu ruangan yang artistik yang tentunya perlu disesuaikan dengan desain tema interior ruangan yang ada.

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...