Rumah / Pencahayaan / Tips Pencahayaan Ruangan Rumah Yang Baik

Tips Pencahayaan Ruangan Rumah Yang Baik

Bagaimana sih tips pencahayaan ruangan rumah yang baik itu? Masalah ini memang sering muncul dan menjadi persoalan yang tidak mudah saat menata interior rumah. Membanjirnya bentuk lampu neon yang terang dan semakin murah menjadi jalan pintas bagi kebanyakan orang dalam memberikan penerangan di dalam rumah. Apalagi masalah ini juga berhubungan dengan biaya listrik bulanan yang tentunya mesti diperhitungkan dengan baik.

Sebenarnya, kenyamanan sebuah hunian tidak hanya ditentukan oleh beragamnya atau mewahnya perabot yang ada. Sebaliknya, meskipun perabot yang mengisi interior rumah cukup minimalis, namun jika ditata dengan desain yang tepat akan sangat mendukung kenyamanan sebuah rumah. Nah, desain interior akan makin kuat dengan pengaturan pencahayaan yang tepat dari lampu yang ada. Dengan pencahayaan ruangan rumah yang baik akan membuat suasana jauh lebih nyaman seperti yang diharapkan.

Salah satu fungsi utama penerangan dari lampu adalah untuk memberikan kesan yang lebih kuat terhadap suatu obyek. Saat siang hari dimana pencahayaan dari berbagai penjuru rumah, maka semua bagian rumah terasa sama pentingnya atau malah tidak penting semua. Sebaliknya, saat malam penerangan dari lampu akan memberikan efek yang cukup dahsyat.

4.tips pencahayan ruangan rumah yang baik

Nah, berikut ini beberapa tips pencahayaan ruangan rumah yang baik yang mungkin berguna untuk anda dalam memberikan makna yang lebih dalam terhadap desain interior rumah anda.

  1. Pilih pencahayaan yang redup untuk menciptakan suasana rumah yang tenang dan nyaman. Pencahayaan yang redup bisa dibuat dengan menempatkan jenis lampu sorot dengan warna dop. Sebaran cahaya tidak dibiarkan bebas melainkan diarahkan ke salah satu sudut tertentu sekedar untuk memberikan penerangan ala kadarnya.
  2. Gunakan pencahayaan dari spotlight untuk memperkuat kesan obyek. Spotlight merupakan jenis lampu berdaya cukup besar yang berfungsi untuk menyorot suatu obyek secara lebih terpusat. Ada banyak jenis spotlight yang dijual di pasaran, baik dari segi bentuk maupun warna cahayanya. Jika anda memiliki lukisan klasik atau guci antik yang ingin ditonjolkan kesannya sebaiknya gunakan pencahayaan dari spotlight berwarna dop (kuning kecoklatan) dengan mengarahkan cahaya ke arah obyek.
  3. Pilih dan gunakan pencahayaan yang berwarna putih terang dengan menggunakan lampu jenis neon untuk penerangan menyeluruh, untuk suasana yang ramai, mendukung suatu acara tertentu di rumah, ataupun jika menginginkan suasana yang luas.

Itulah sedikit tips pencahayaan ruangan rumah yang baik yang bisa anda coba praktekkan untuk menemukan suasana seperti yang anda harapkan.

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

One comment

  1. Thank you tips2nya menarik juga, saya baru baca juga nih artikel bagus punya citra raya, silakan cek siapatau bermanfaat http://citraraya.com/solusi-pencahayaan-rumah/

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...