Rumah / Desain Rumah / Beberapa Saran Desain Rumah yang Asri dan Nyaman

Beberapa Saran Desain Rumah yang Asri dan Nyaman

Selaras dengan perkembangan model – model rumah yang sekarang ini banyak diminati oleh masyarakat luas, membuat desain rumah yang asri dan nyaman tentu memberikan perbedaan tersendiri terhadap orang yang akan membuat desain rumah dengan gaya asri ini. Jika mendengar kata-kata asri, tentu anda sudah membayangkan tentang keadaan atau nuansa rumah yang terasa segar dan sejuk, karena sekeliling rumah akan ditanami dengan perpohonan yang rindang dan beberapa tumbuhan lain, sehingga suasana rumah akan terasa nyaman dan segar , termasuk sirkulasi udara yang bersih yang nantinya akan membuat udara yang kotor akan cepat tergantikan.

Membuat Desain Rumah Minimalis yang Asri dan Nyaman

Dalam upaya untuk mendapatkan rumah yang asri dan nyaman, ada beberpa hal yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu.

  • Yang pertama adalah menentukan tema yang memiliki hubungan dengan alam dalam mendesain rumah yang asri dan nyaman ini.
  • Yang kedua yaitu pada eksterior dan interior konsep yang ada juga harus berkaitan dengan alam.
  • Yang ketiga dalah pemilihan bahan –  bahan material yang langsung diambil dari alam dengan jumlah yang dominan, guna untuk memperkuat nuansa alam yang asri dan nyaman.
  • Yang keempat, pada desain lantai rumah yang asri dan nyaman menggunakan material kayu sebagai ganti dari keramik atau marmer, dan menggunakan bahan batu alam pada dinding rumah yang asri dan nyaman ini.
  • Dan yang terakhir, dalam upaya untuk menonjolkan kesan, biasanya menggunakan kombinasi tembok / dinding terutama yang terekspose. Beberapa desainer memilih mengekspose bata atau batu alam sebagai dinding rumah.

Membuat Desain Rumah Minimalis yang Asri dan Nyaman (2)

Untuk desain interior rumah yang asri dan nyaman ini biasanya banyak menggukankan ventilasi dan jendela yang berguna untuk menyerap sinar matahari dan udara segar dari luar rumah. Adapun untuk pemilihan cat atau warna, bisa menggunakan warna coklat atau krem, baik untuk eksterior dan interior dari rumah yang asri dan nyaman ini.

Pada bagian eksterior inilah terdapat bagian yang tidak kalah pentingnya yaitu taman, karena rumah yang asri dan nyaman jika tidak ada taman, maka akan terlihat seperti rumah yang biasa saja. Pada bagian taman yang juga perlu diperhatikan adalah pada bagian tanah, semua lahan taman pada bagian tanahnya harus ditumbuhi dengan rumput-rumput kecil, agar terlihat lebih asri. Kemudian bisa ditambahkan air terjun mini yang sekelilingnya di penuhi dengan batu agar terliha lebih indah dan menekankan suasana alam yang sebenarnya. Selanjutnya untuk tamanam itu sendiri yang perlu diperhatikan adalah tataletak dari tanaman  pada lokasi taman yang dibuat, sesuaikan dengan konsep taman yang dibuat sehingga akan diperoleh hasil yang memuaskan pada taman yang ada di sekeliling rumah, dan juga bisa ditambahkan beberapa pohon yang  bisa membuat rindang dan pililah pohon yang tidak begitu banyak memiliki batang.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam rangka mendesain rumah yang asri dan nyaman. Mungkin Anda ingin menambahkan, silahkan berikan komentar Anda disini.

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...