Rumah / Model Rumah / Cara Menata Hunian dengan Desain Rumah Minimalis

Cara Menata Hunian dengan Desain Rumah Minimalis

            Bila tanah yang akan anda jadikan hunian tidak begitu besar, misalnya ukuran 60 meter persegi, maka pilihan desain rumah minimalis sangat tepat. Selain bisa menghemat tempat, desain ini juga dapat membuat rumah anda terlihat lebih luas. Berikut ini pilihan desain yang dapat anda jadikan pilihan.

Minimalkan Sekat

            Jangan berikan banyak sekat di rumah anda yang sempit karena itu akan membuatnya terasa lebih sempit. Mungkin anda tidak bisa bebas bergerak. Misalnya ukuran tanahnya 6 x 10 meter. Jangan membuat 3 kamar, ruang tamu, dapur, ruang nonton tv, kamar mandi, ruang jemuran, teras dengan terkotak-kotak karena ukurannya bisa kecil-kecil. Cukup miliki 2 kamar ukuran sedang, ruang tamu mungil dengan kursi minimalis. Ruang dapur dan ruang keluarga hendaknya dijadikan satu tanpa sekat tembok. Cukup berikan meja makan yang tidak terlalu lebar tapi panjang lengkap dengan kursi sebagai penyekatnya. Terasnya tidak usah terlalu lebar.

Tinggikan Langit-langit

            Agar udara dapat bergerak bebas, buat langit-langit rumah yang lebih tinggi. Dengan begitu rasa sempitnya akan berkurang. Rumah yang sempit dan pendek akan membuat udara di dalamnya terasa panas.

Kaca Jendela

            Desain rumah minimalis anda di atas tanah sempit perlu diberikan banyak ventilasi dengan kaca. Bentuk ventilasinya tidak perlu dikotak-kotak seperti pada rumah gedongan, cukup berbentuk persegi panjang dengan ukuran kayu kecil dan kacanya yang lebih besar. Tujuannya agar pandangan anda lebih luas ke luar rumah. Jadi, ketika berada di ruang tamu, anda tidak terfokus pada sekat tembok depan saja, tapi dapat memandang jauh ke jalan. Begitu juga dengan kamar dan ruang tengah.

Manfaatkan Dinding

            Bila anda punya banyak barang, jangan kemudian membeli beberapa almari karena akan mengurangi ruang gerak. Sebagai gantinya, buat kotak alamari yang dipasang di dinding dan tidak terlalu lebar. Dengan begitu, ruangan tetap terlihat luas. Manfaatkan pula bawah ranjang tidur dan bawah sofa untuk almari. Setidaknya barang yang jarang dipakai dapat disimpan disana. Desain rumah minimalis yang tepat akan melahirkan hunian nyaman.

Foto Profil dari Yandi Wicaksana

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...