Rumah / Desain Rumah / Rumah Minimalis / Model Rumah Minimalis, Selerakah Anda?

Model Rumah Minimalis, Selerakah Anda?

            Meski pun banyak peminatnya, tidak semua orang merasa cocok dengan model rumah minimalis. Jumlah keluarga, selera, karakter, dan kondisi lingkungan turut mempengaruhi model rumah yang dijadikan hunian seseorang. Nah, bila anda masih ragu untuk memilih model rumah minimalis atau tidak, sebaiknya cek terlebih dahulu kecocokan berikut ini.

  • Keluarga Kecil

Rumah minimalis memang lebih tepat dihuni keluarga kecil. Bila penghuninya terlalu banyak, pasti memerlukan banyak kamar sehingga kesan minimalisnya akan hilang sendiri. Ditambah pula dengan perabotan dan benda-benda koleksi keluarga yang akan membuat rumah penuh sesak. Nah, sebaiknya anda hitung dulu berapa jumlah keluarga yang akan tinggal di rumah anda sebelum menentukan desainnya.

images kluarga

  • Luas Tanah

Rumah minimalis lebih cocok dibangun di atas tanah yang tidak begitu luas. Bila anda ingin membangun istana di atas tanah seluas 1000 meter, sebaiknya pilih desain lain yang lebih mewah agar tidak terlihat “kosong”. Model rumah minimalis memang bertujuan agar tanah yang sempit tersebut  memiliki kesan longgar dengan minimnya gaya dan aksesoris. Jadi, sebaiknya pikirkan lagi berapa luas tanah anda.

  • Sederhana

Karakter sederhana sangat cocok dengan hunian minimalis. Bila anda tipe orang yang menyukai koleksi benda kuno atau antik, sebaiknya urungkan niat anda untuk memilih model rumah minimalis karena kurang cocok. Akan lebih baik bila anda memilih desain rumah unik tradisional yang mendukung hobi tersebut. Bagi anda yang terlalu repot untuk membersihkan banyak barang, model rumah minimalis adalah jawabannya.

  • Minim Pohon

Biasanya rumah minimalis dibangun di tempat dengan sedikit tumbuhan perdunya. Berbeda dengan rumah tradisional yang punya banyak tanaman di depan, samping, bahkan belakang rumah. Jika anda merasa suka menanam tanaman perdu atau beragam jenis pohon, sebaiknya buat hunian model lain yang lebih sesuai karena model rumah minimalis akan tenggelam bila sekitarnya banyak ditanami pohon.

            Tidak perlu memaksakan diri untuk membuat model rumah minimalis. Masih banyak model rumah lain yang tidak kalah bagus. Anda juga dapat memadukan rumah minimalis dengan desain tradisional. Misalnya, model rumah minimalis yang bergaris namun menggunakan batu bata merah tanpa cat sehingga terkesan tradisional.

Foto Profil dari Yandi Wicaksana

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Cara Renovasi Rumah Murah

5 Cara Renovasi Rumah Murah nan Hemat

Anda ingin tahu bagaimana cara renovasi rumah murah dan tidak membuat keuangan ...